KRI Teluk Hading-538 Terbakar di Perairan Bira saat Operasi Rutin, 119 Prajurit Selamat!

KRI Teluk Hading-538 Terbakar di Perairan Bira saat Operasi Rutin, 119 Prajurit Selamat!

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 20:03
share

Kapal Perang Republik Indonesia ( KRI ) Teluk Hading-538 terbakar di tengah Perairan Bira dan Pulau Selayar, Sulawesi Selatan siang tadi, Sabtu (3/6/2023).

Kapal Teluk Hadng-538 sendiri merupakan, salah satu unsur KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta (Satlinlamil 1 Jakarta) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil)

Kapal tersebut mengalami kebakaran saat berada di posisi 05 37 853 LS 120 37 395 BT, sekitar 11 NM Timur Selat Selayar atau 7 NM Tg, Sulawesi Selatan.

Kapal jenis Frosch-I/Type 108 ini kabarnya sedang menjalani operasi rutin TNI Angkatan Laut (AL), saat terjadinya insiden kebakaran.

Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran kapal Teluk Hading. Laporan soal kebakaran kapal ini diterima oleh pihak Basarnas Selayar sekitar pukul 14.15 WITA.

Kapal ini sendiri mengangkut 119 prajurit. Kini, semua personel pun sudah dievakuasi di TB Bahtera Zalfa, yang kala itu melintas di lokasi. Sampai saat ini, belum ada laporan terkait adanya korban jiwa dalam musibah kapal terbakar ini.

Sementara itu, kapal yang melintas di sekitar TKP dalam posisi standby untuk membantu, seperti MV. Golden Ace dan MV. Green Wave.

Selain itu, sejumlah unsur TNI AL juga diterjunkan untuk melakukan penyelamatan terhadap prajurit KRI Teluk Hading-538, seperti KRI Escolar-871, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367, KRI Sampari-628, KRI Terapang-648 dan KRI Tombak-629.

Pasca insiden kebakaran, KRI Teluk Hading-538 diupayakan untuk ditarik menggunakan kapal tunda menuju daratan terdekat. Selanjutnya, TNI AL akan menerjunkan tim untuk memeriksa penyebab kebakaran.

Di sisi lain, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas laporan cepat kepada pihak terkait soal insiden kebakaran KRI Teluk Hading-538, sehingga bisa ditangani dengan cepat.

Pimpinan TNI AL juga mengucapkan terima kasih kepada MV Golden ACE dan MV Gren Wave, serta semua pihak yang terlibat dalam penyelamatan KRI Teluk Hading-538.

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let\'s join Z Creators dengan klik di sini .

KRI Teluk Hading-538 terbakar
Z Creators
Topik Menarik