Mengajar Mahasiswa FEB UI, Sri Mulyani Senang Dipanggil Kating

Mengajar Mahasiswa FEB UI, Sri Mulyani Senang Dipanggil Kating

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 14:30
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengaku senang dipanggil Kating singkatan dari sebutan Kakak Tingkat.

Hal itu, disampaikan Sri Mulyani, saat mengajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada 31 Mei 2023. Kuliah dari Menkeu tersebut diikuti sekitar 700 mahasiswa FEB-UI angkatan 2022.

Serasa masih muda dan saya menikmati semangat antusiasme dan kecerdasan mahasiswa FEB UI, ungkap Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @smindrawati, Sabtu (3/6/2023).

Saat memberikan kuliah Pengantar Ekonomi Makro, Sri Mulyani membahas 6 perdebatan terkait kebijakan makroekonomi, yaitu:
- Haruskah Kebijakan Moneter dan Fiskal menstabilkan perekonomian?
- Untuk menangani Resesi Ekonomi seharusnya pemerintah menggunakan instrumen Belanja atau Penurunan Pajak?
- Kebijakan Moneter sebaiknya ditetapkan oleh rumus (rules) atau sebaiknya memakai diskresi?
- Apakah Bank Sentral harus mengejar target inflasi nol persen?
- Haruskan Pemerintah membuat APBN yang seimbang (balance budget)?
- Haruskan Aturan Pajak direformasi untuk mendorong tabungan?.

Selain membahas teori dan topik yang sangat relevan dan penting, Menkeu juga mengajak para mahasiswa untuk berpikir kritis dan belajar dari realita proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia, pengalaman berbagai negara dan kondisi ekonomi global.

Menurut Sri Mulyani, mahasiswa harus terus mengasah daya analitis, membaca data, informasi dan berita serta mendiskusikan atau berdebat secara kritis terkait topik - topik yang disebutkan sebelumnya.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang begitu menarik dan indah serta keren. Mampu menjelaskan berbagai fenomena penting dalam kehidupan manusia dan negara atau bangsa, ungkap Sri Mulyani.

Dia pun berharap mahasiswa tersebut menjadi generasi penerus teknokrat yang handal dan berintegritas untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju ke depannya.

Selamat belajar mempersiapkan ujian akhir semester adik-adikku. Raih prestasi setinggi mungkin, tutur Sri Mulyani.

Topik Menarik