Jerman: NATO Tak Bisa Terima Negara yang Sedang Perang untuk Bergabung

Jerman: NATO Tak Bisa Terima Negara yang Sedang Perang untuk Bergabung

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 14:52
share

OSLO, iNews.id Pintu NATO tetap terbuka untuk anggota baru. Akan tetapi, aliansi tersebut tidak dapat menerima negara yang sedang dilanda perang untuk bergabung.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, pada pertemuan para menlu NATO di Oslo, Norwegia, Kamis (1/6/2023).

Kebijakan pintu terbuka NATO tetap berlaku, tetapi pada saat yang sama jelas bahwa kita tidak dapat berbicara tentang menerima anggota baru (yang) berada di tengah perang, katanya kepada wartawan, seperti dikutip Reuters .

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan, semua negara NATO telah setuju bahwa Ukraina akan menjadi anggota aliansi militer itu.

Semua sekutu setuju bahwa Moskow tidak memiliki hak veto terhadap perluasan NATO, kata Stoltenberg kepada wartawan di Oslo.

Kami bergerak, sekutu setuju bahwa Ukraina akan menjadi anggota, ujarnya.

Masalah perluasan NATO ke Eropa Timur, telah menjadi perhatian Rusia selama bertahun-tahun. Moskow bahkan sudah mengingatkan kepada Barat agar tidak menyeret Ukraina ke dalam aliansi pimpinan Amerika Serikat itu.

Topik Menarik