Sering Dituduh Intoleran, Ternyata Anies Baswedan Punya Bapak Asuh di Amerika Serikat: Agama Nasrani Jadi Pastor Katolik Roma

Sering Dituduh Intoleran, Ternyata Anies Baswedan Punya Bapak Asuh di Amerika Serikat: Agama Nasrani Jadi Pastor Katolik Roma

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 08:03
share

Bakal calon presiden Anies Baswedan ketika remaja disebut tinggal di Amerika Serikat dan memiliki orang tua asuh dari keluarga katolik. Hal ini diungkap oleh teman akrab Anies semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Mochammad Walid.

Walid mengaku tahu persis pribadi Anies. Kala itu kata dia, di SMAN 2 Yogyakarta, Anies mendapat kesempatan pertukaran pelajar antar budaya Indonesia Amerika Serikat dalam programAmerican Field Serviceatau AFS.

Ia pun menceritakan, selama hampir satu tahun Anies tinggal di Amerika Serikat bersama keluarga Katolik taat. Bapak asuhnya seorang Pastor Katolik Roma, sedangkan ibu asuhnya merupakan koordinator pendidikan di Gereja Katolik.

Pak Anies ini tinggal di rumah bapak asuhnya seorang yang beragama Nasrani, Pastor Katolik Roma, kata Walid seperti dilansir dari KBA News, Rabu, (31/5/2023).

Atas hal itu, ia meyakini tuduhan intoleransi yang kerap dialamatkan kepada Anies merupakan fitnah.

Soal tuduhan intoleransi itu fitnah, ucap Walid.

Bahkan ia menjelaskan, Anies yang berasal dari keluarga religius di Jogja sedangkan di Amerika Serikat tinggal bersama keluarga religius Katolik Roma, selama mengikuti program AFS ini, Anies belajar banyak tentang toleransi dan perbedaan keyakinan.

Sehingga Pak Anies itu sangat bisa menyesuaikan lingkungan itu karena perbedaan keyakinan. Jadi kalau ada yang dibilang Pak Anies itu intoleran, nggak mungkin. Karena sudah terbukti Pak Anies waktu di Amerika Serikat itu sudah bisa menyesuaikan apa itu artinya toleransi, jelas Walid.

Topik Menarik