Ramai-ramai Keluar Ponpes, Benarkah Anies Lindungi Santriawan dan Santriwati dari Ajaran Sesat Al Zaytun?

Ramai-ramai Keluar Ponpes, Benarkah Anies Lindungi Santriawan dan Santriwati dari Ajaran Sesat Al Zaytun?

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 05:08
share

Video mencatut bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 28 Mei 2023.

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Anies melindungi santriawan dan santriwati dari ajaran sesat Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu.

"ANIES JAMIN PERLINDUNGAN PARA SANTRIAWAN & SANTRIWATI MULAI DI UNGSIKAN TINGGALKAN PONPES PANJI GUMILANG," tulis kanal tersebut pada sampul video.

"Tinggalkan Ponpes AL-ZAYTUN ! berkat anies Para Santri Berbondong2 Keluar Ajaran Sesat panji Gumilang," demikian bunyi judul video terkait.

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Anies melindungi santriawan dan santriwati dari ajaran sesat Ponpes Al Zaytun.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari Priangan.tribunnews.com berjudul "Viral, Para Santri Al-Zaytun Indramayu Ramai Tinggalkan Ponpes, Panji Gumilang: Jangan Terpengaruh!" tayang pada 23 Mei 2023.

Artikel membahas tausyiah yang disampaikan pendiri Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang terkait tuduhan-tuduhan yang ditujukan pada institusinya. Ia meminta agar pihak yang menuduh Ponpes Al Zaytun sebagai sarang teroris agar memberikan bukti.

Namun, tidak ada nama Anies dalam artikel tersebut yang dikaitkan dengan fenomena viral yang terjadi di Ponpes Al Zaytun.

Dengan demikian, video dengan narasi Anies melindungi santriawan dan santriwati dari ajaran sesat Ponpes Al Zaytun adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut.

Topik Menarik