Fakta-fakta Mario Dandy Bebas Lepas Pasang Borgol Sampai Buat Kapolda Minta Maaf

Fakta-fakta Mario Dandy Bebas Lepas Pasang Borgol Sampai Buat Kapolda Minta Maaf

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 09:18
share

Viralnya video menampilkan aksi Mario Dandy Satrio melepas pasang borgol berbentuk kabel ties nampaknya cukup membuat pusing Polda Metro Jaya. Polda Metro sampai memberi penjelasan hingga membuat pimpinan mereka meminta maaf secara terbuka.

Selasa, 30 Mei 2023, Indozone merangkum secara singkat ihwal hal ini mulai dari viralnya video tersebut hingga pernyataan klarifikasi dari Polda barometer di Indonesia tersebut.

Berikut fakta-faktanya:

1. Viral di Media Sosial

Jumat, 26 Mei 2023 sore yang lalu, media sosial digegerkan dengan adanya video menampilkan Mario Dandy tanpa baju tahanan dan bisa memakai sebdiri borgol yang terbuat dari kabel ties. Video tersebut diketahui pertama kali diposting oleh salah satu akun Tiktok dari media televisi swasta.

Viralnya video tersebut menarik perhatian netizen. Beragam komentar terus bermunculan pasca adanya video tersebut.

2. Penjelasan Polda Metro Jaya

mario dandy
Mario Dandy (INDOZONE/M Samsudhuha Wildansyah)

Satu hari berselang, Polda Metro Jaya memberikan klarifikasinya. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut video viral itu merupakan video penggabungan antara dua video yang berbeda.

"Video tersebut merupakan dua peristiwa yang melalui proses pengeditan digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan efek latar belakang suara sehingga menimbulkan persepsi negatif," kata Kombes Trunoyudo sebelunnya.

3. Kapolda Metro Minta Maaf

Meski video tersebut sudah diluruskan oleh jajaranya, pimpinan tertinggi Polda Metro Jaya yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyampaikan permintaanmaafnya kepada masyarakat luas.

"Saya katakan apa pun masukan karena yang terlihat dalam video seperti itu, saya selaku penanggung jawab dari pada Polda Metro, saya minta maaf," kata Irjen Karyoto.

Lebih dalam, Irjen Karyoto menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat yang memberikan kritikan kepada Polda Metro Jaya terkait kasus Mario Dandy.

"Saya tidak akan bicara ke belakang bagaimana itu kejadianya. Yang jelas kalau memang ini menjadi semacam koreksi bagi Polda Metro, saya terima dan saya terima kasih kepada metizen yang memberkikan kritikan masukan terhadap penanganan yang seolah-olah seperti privilege," paparnya.

4. Pastikan Tak Beri Keistimewaan ke Mario Dandy

mario dandy
Mario Dandy (INDOZONE/M Samsudhuha Wildansyah)

Lebih jauh, jenderal polisi bintang dua tersebut menegaskan pihaknya tidak memberikan keistimewaan terhadap Mario Dandy selama berada ditahan di Rutan Polda Metro Jaya .

"Saya yakin para penyidik tidak ada yang memberikan pelayanan yang istimewa kepada Mario Dandy," pungkas Karyoto.

Topik Menarik