NASA Berhasil Tangkap Pemandangan Langka Lubang Hitam Berisi Ratusan Ribu Bintang

NASA Berhasil Tangkap Pemandangan Langka Lubang Hitam Berisi Ratusan Ribu Bintang

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 08:21
share

LUBANG hitam atau blackhole memang menjadi salah satu misteri luar angkasa yang belum bisa dipecahkan para ilmuwan. Pasalnya, blackhole memiliki gravitasi sendiri yang sangat kuat, sehingga bisa menarik apapun yang berada di dekatnya.

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menangkap pemandangan menakjubkan di luar angkasa. Menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble, mereka berhasil mengambil foto lubang hitam yang berjarak sekitar 800 kali massa Matahari.

Tangkapan dari teleskop Hubble menjadi pemandangan yang langka. Di mana menampilkan gugus bintang cemerlang Messier 4, gugus yang paling dekat dengan Bumi pada jarak sekitar 6.000 tahun cahaya, berisi ratusan ribu bintang, dihimpun dari Mushable.

Blackhole

"Anda tidak dapat melakukan sains semacam ini tanpa Hubble," kata Eduardo Vitral dari Space Telescope Science Institute, yang mengoperasikan misi sains instrumen tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Para ilmuwan menyebut lubang hitam ini sangat jarang terjadi dan ditegaskan bahwa ini bukan lubang hitam kecil yang jumlahnya mencapai 100 juta di galaksi Bima Sakti. Mereka juga menyebut ini bukan salah satu lubang hitam "supermasif" yang terletak di pusat galaksi.

Sebaliknya, pengamatan mengungkap lubang hitam ini adalah lubang hitam "massa menengah" yang aneh. Lubang hitam tersebut disebut mengandung massa yang tak terbayangkan, dengan tarikan gravitasi yang begitu kuat bahkan cahaya pun tidak bisa lepas.

Ilmuwan menentukan bahwa gerakan bintang kemungkinan besar dipengaruhi oleh pusat gravitasi yang kuat. Mereka tidak dapat secara realistis menjelaskan perilaku bintang dari gaya lain, seperti bintang padat di dekat inti. Bukti menunjuk ke lubang hitam tunggal, sesuatu yang relatif kecil di tengah Messier 4 yang lebih megah.

"Terlalu kecil bagi kami untuk dapat menjelaskan selain itu sebagai lubang hitam tunggal," lanjut Vitral.

Namun, kasus kekuatan aneh di pusat Messier 4 masih berlangsung. Meskipun bukti adanya lubang hitam sangat meyakinkan, masih ada kemungkinan bahwa kekuatan lain mungkin berperan, seperti aktivitas bintang dan fisika yang sebelumnya tidak diketahui.

Topik Menarik