Survei SPIN: Prabowo Subianto Unggul secara Head to Head, Jalan Tengah Polarisasi

Survei SPIN: Prabowo Subianto Unggul secara Head to Head, Jalan Tengah Polarisasi

Nasional | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 19:18
share

JAKARTA Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul dalam survei terbaru lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) secara head to head melawan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. SPIN membeberkan tiga alasan Prabowo keluar sebagai pemenang jika dihadapkan dengan Ganjar atau Anies.

Jika terjadi head to head antara Prabowo vs Ganjar, pemilih Jokowi akan terbelah antara Ganjar dan Prabowo. Sementara, pemilih Anies akan bermigrasi ke Prabowo ketimbang Ganjar, kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, Senin (8/5/2023).

Adapun, jika head to head terjadi antara Prabowo dan Anies, mantan Danjen Kopassus tersebut juga akan keluar sebagai pemenang lantaran pemilih Prabowo pada Pilpres 2019 ditambah dengan pemilih Jokowi dan Ganjar cenderung berpihak pada Prabowo ketimbang Anies.

Alasan kedua, masyarakat mengapresiasi langkah Prabowo pasca Pilpres 2019 untuk bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi. Langkah tersebut strategis untuk menghindari polarisasi politik. Itu sebabnya Prabowo sebagai jalan tengah, ujar Igor.

Di usia yang matang dan berpengalaman, Prabowo juga dianggap bisa memberikan rasa aman dan dianggap paling layak untuk melanjutkan program kepemimpinan Jokowi. Prabowo punya kinerja juara dan diapresiasi publik, leadership Prabowo juga dinilai lebih apa adanya tanpa banyak pencitraan, pungkas Igor.

(rca)

Topik Menarik