Mei Membara? Pukul Balik Oligarki, Aliansi Sulbar Bergerak Gelar Aksi Unjuk Rasa dan Bakar Ban

Mei Membara? Pukul Balik Oligarki, Aliansi Sulbar Bergerak Gelar Aksi Unjuk Rasa dan Bakar Ban

Nasional | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 18:38
share

MAMUJU, inewsMamuju.id -- Momentum Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) PMII Mamuju, FPPI Mamuju, Komkar, Maper, IPMLR, Permahi Mamuju, Komunitas Juru Parkir Mamuju (Komparju), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kabupaten Mamuju, yang teragbung dalam Aliansi Sulbar Bergerak menggelar aksi unjuk rasa di Simpang Lima Mamuju, Selasa (2/5/2023).

Refli Sakti Sanjaya, selaku juru bicara dalam aksi mengatakan, Peringatan hari buruh (May Day) adalah perjuangan nasib buruh yang tertindas, mogoknya para pekerja atau buruh akan mempengaruhi lemahnya berbagai sektor dalam negara terkhusus perekonomian.

Momentum Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Bersama Pemuda, Mahasiswa, Buruh tani, dan Serikat Pekerja di Sulawesi barat yang tergabung dalam Aliansi Sulbar Bergerak sebagai respon dari kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat (buruh), yakni turunnya upah buruh dan melemahnya pendidikan di Indonesia, Ujarnya.

Refli juga mengatakan, Gerakan demonstrasi yang dibangun bersama kawan kawan Aliansi Sulbar Bergerak, yang lahir atas keresahan dari kesenjangan serta ketertindasan yang dirasakan baik para pekerja/buruh maupun ketidak merataan infrastruktur pendidikan di Indonesia terkhusus di Sulawesi barat.

Dengan mengecam sikap pemerintah atas kelalaikan kasus-kasus yang tidak pernah tuntas, maka lahir beberapa tuntutan dari aksi demonstrasi Aliansi Sulbar Bergerak, Selasa 02 Mei 2023 pada momentum May Day dan Hardiknas,Pungkasnya.

Berikut 15 Poin Tuntutan aksi yang disuarakan:

1. Cabut UU No. 6 Tahun 2023 tentang penetapan perppu cipta kerja
2. Naikkan upah buruh
3. Hapuskan sistem tenaga kontrak, magang dan outsourching bagi buruh
4. Wujudkan pendidikan murah
5. Wujudkan pemerataan infrastruktur pendidikan
6. Revisi UU Sisdiknas
7. Tolak KUHP yang melemahkan Demokrasi
8. Turunkan harga BBM dan harga bahan pokok
9. Stop pemberian izin baru terhadap perusahaan tambang dan perkebunan monokultur
10. Nasionalisasi Aset Strategis dalam Negara
11. Segera sahkan RUU MHA
12. Laksanakan Reforma Agraria Sejati
13. Tuntaskan segala kasus pelanggaran HAM di Indonesia
14. Stop Kriminalisasi terhadap gerakan rakyat
15. Berikan pemberdayaan bagi juru parkir di Kab. Mamuju

Topik Menarik