Kasus Covid-19 Melonjak, Dinkes DKI: BOR RS Sepekan Terakhir Meningkat Jadi 16%

Kasus Covid-19 Melonjak, Dinkes DKI: BOR RS Sepekan Terakhir Meningkat Jadi 16%

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 19:35
share

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut, keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 meningkat menjadi 16% selama sepekan terakhir.

"BOR RS naik seminggu terakhir menjadi 16 persen, kematian 16 orang. Semua 30 tahun ke atas, belum dosis 4. Bahkan 10 diantaranya belum vaksinasi sama sekali. Puncak kematian akan terjadi 7-14 hari dari puncak kasus. Trend masih naik, prediksi puncak minggu depan (6 minggu dari 23 Maret arcturus pertama kali terdeteksi)," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama dalam keterangannya, Senin (1/5/2023).

Ngabila menambahkan, meski kasus positif dan angka kematian meningkat situasi Covid-19 di Ibu Kota masih sangat terkendali.

"Situasi Covid-19 di Jakarta sangat terkendali walau jumlah kasus positif dan kematian meningkat, positivity rate meningkat tajam tanda banyak kasus tidak terdiagnosis di lapangan," ucapnya.

Lebih lanjut, Ngabila mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menghindari orang yang sedang sakit.

"Apa pun variannya, cegah sakit dengan memakai masker di keramaian, transportasi publik, hindari orang yang sedang sakit. Masker dapat melindungi dari berbagai penyakit menular seperti batuk pilek oleh virus / bakteri lainnya, campak, rubella, TBC, difteri," pungkasnya.

Topik Menarik