Mahfud MD: Paradaban Suatu Bangsa Dilihat dari Negara Jamin Kesejahteraan Buruh

Mahfud MD: Paradaban Suatu Bangsa Dilihat dari Negara Jamin Kesejahteraan Buruh

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 16:50
share

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengucapkan selamat hari buruh internasional atau May Day, lewat akun Twitter-nya @mohmahfudmd.

Mahfud mengatakan bahwa peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari negara yang menjamin hak asasi dan kesejahteraan kaum buruh.

"SELAMAT HARI BURUH, May Day 2023. Peradaban suatu bangsa akan dapat dilihat dari bagaimana negara menjamin hak asasi dan kesejahteraan kaum buruhnya," tulis Mahfud, Senin, (1/5/2023).

Dia menuturkan, negara akan tangguh apabila buruhnya terpelihara dan berkobar nasionalismenya.

"Kekuatan suatu negara akan tangguh jika di dalam kaum buruhnya terpihara dan berkobar nasionalisme. Majulah maju kaum buruh dan pekerja Indonesia," ucapnya.

Diketahui, hari buruh internasional jatuh pada 1 Mei 2023. Buruh pun memeringatinya di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Di Jakarta, ribuan buruh memperingati May Day 2023 dengan berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka berasal dari berbagai elemen buruh long march ke kawasan tersebut.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi sekitar pukul 9.31 WIB, ribuan buruh mulai memadati kawasan Patung Kuda. Massa bergerak dari depan Monas melingkari kawasan Patung Kuda.

Selain itu, terlihat kepolisian bersiaga untuk mengamankan jalannya aksi massa dengan menyiapkan kawat berduri beserta mobil rantis.

"Hari ini murni aksi buruh bukan aksi partai kawan-kawan. Ayo kita bersama-sama perjuangkan hak kita, ucap salah satu orator di atas mobil komando.

Selain itu, terlihat kepolisian bersiaga untuk mengamankan jalannya aksi massa dengan menyiapkan kawat berduri beserta kendaraan taktis.

Akibat aksi ini, akses Jalan Merdeka Barat menuju Bundaran HI sudah ditutup. Lalu lintas menuju arah Jalan Jenderal Sudirman tersendat.

Topik Menarik