Jelang Pemilu 2024, KPU Majalengka Mulai Buka Pendaftaran bagi Caleg

Jelang Pemilu 2024, KPU Majalengka Mulai Buka Pendaftaran bagi Caleg

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 12:30
share

MAJALENGKA, iNews.id - KPU Kabupaten Majalengka mulai membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Kabupaten, Senin (1/5/2023). Pendaftaran caleg merupakan salah tahapan menjelang Pemilu Legislatif 2024.

Hari ini sampai tanggal 14 (Mei) kami mulai penerimaan pendaftaran calon anggota legislatif untuk DPRD kabupaten Majalengka. Sesuai dengan pasar 247 bahwa ada hierarki di situ terkait dengan pendaftaran. DPR oleh KPU, DPRD Provinsi oleh KPU Provinsi, DPRD kabupaten kota oleh KPU kabupaten kota, kata Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada.

Jadi, sampai tanggal 14 (Juni) Insya Allah menerima pendaftaran 18 partai politik yang yang kemarin sudah dinyatakan lolos verifikasi untuk mendaftarkan calon-calonnya untuk tingkat kabupaten Majalengka, ujar dia.

Terkait mekanisme pendaftaran sendiri, kata Agus, pengurus partai politik (parpol) bisa memprosesnya secara online, di aplikasi Silon (sistem informasi pencalonan). Namun, mereka tetap diharuskan datang langsung ke kantor KPU.

Karena menggunakan berbasis silon (sistem informasi pencalonan), mulai sekarang mereka sudah meng-upload caleg-calegnya termasuk persyaratan. Nanti datang ke KPU menyerahkan rekapitulasi model B ke kita, ujar dia.

Setelah tahapan pendaftaran, lanjut Agus, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi terkait berkas pendaftaran tersebut. Pada akhir Juni, bagi caleg yang dinilai masih belum memenuhi syarat, mereka bisa memperbaikinya.

Dari tanggal 16 Mei sampai 23 Juni itu kita akan verifikasi. Jadi sekarang partai politik mencalonkan caleg-calegnya. Tanggal 14 pokoknya tutup. Tanggal 16 Mei sampai 23 Juni kita verifikasi administrasinya. Apakah kemudian sudah sesuai memenuhi persyaratan atau tidak. Nanti tanggal 26 Juni sampai 9 Juli, mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki, ucap dia.

Topik Menarik