Prabowo dan Ganjar Getol Safari, Anies Bakal Hadir di Hari Buruh?

Prabowo dan Ganjar Getol Safari, Anies Bakal Hadir di Hari Buruh?

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 08:40
share

AKURAT.CO Kandidat calon presiden (capres) mulai melakukan safari politik. Ketum Gerindra Prabowo Subianto berakhir pekan di Sumatera Barat (Sumbar), sedangkan Ganjar Pranowo bersafari ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Jakarta.

Apakah Anies Baswedan bakal hadir di tengah aksi peringatan Hari Buruh Internasional?

Hari buruh atau May Day bakal digelar dengan aksi serentak termasuk di depan Istana Negara, Senin (1/5/2023). Pihak Anies tidak memberi penegasan apakah bakal hadir atau menerima undangan untuk menyampaikan orasi.

Saya belum ketemu Mas Anies, kata Jubir Anies, Hendri Satrio, ketika diminta konfirmasi, Minggu (30/4/2023) malam.

Partai Buruh mengklaim Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei bakal diisi dengan orasi yang disampaikan kandidat capres. Sementara Ganjar Pranowo yang sejak akhir pekan lalu bersafari ke sejumlah wilayah mengaku memilih menghadiri peringatan May Day di Jateng pada 5 Mei.

Pihak Prabowo Subianto, yang dalam dua hari terakhir berada di Sumbar juga belum memberi konfirmasi apakah bakal hadir di tengah massa buruh. Terlepas dari itu, Prabowo dan Ganjar diketahui mengisi akhir pekan dengan bersafari baik untuk menyapa warga maupun bertemu sejumlah tokoh.

Kendati belum dideklarasikan menjadi capres oleh koalisi Gerindra-PKB, Prabowo menyapa pendukungnya dan berkesempatan bertemu dengan sejumlah tokoh ketika berkunjung ke Sumbar. Sedangkan Ganjar selepas dari Makassar, Sulsel, juga hadir menyambut kedatangan pengurus PPP ke DPP PDIP, dan menyempatkan diri berolahraga di GBK.

Kompetitif

Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dilakukan terhadap 1.220 responden selama 11-17 April 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Anies masih kompetitif. Apabila pilpres digelar hari ini, Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 34 persen atau menjadi yang tertinggi.

Sedangkan Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 31,7 persen disusul Anies 25,2 persen. Angka ini menandakan tidak ada satu capres yang bakal menang dalam satu putaran.

Survei terbaru IPI menunjukkan Ganjar dan Anies mengalami tren pelemahan dukungan. Sementara Prabowo mengalami peningkatan elektabilitas seiring menguatnya kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Polanya semua konsisten, Ganjar turun, Anies turun, Prabowo naik, kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi.[]

Topik Menarik