Ingatkan Anggota yang Bertugas di Papua, Panglima TNI: Pelanggaran HAM Tidak Ada Kedaluwarsanya

Ingatkan Anggota yang Bertugas di Papua, Panglima TNI: Pelanggaran HAM Tidak Ada Kedaluwarsanya

Nasional | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 00:08
share

JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono ingatkan prajurit TNI agar menjalankan tugas dengan mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM). Dia memerintahkan anak buahnya dalam melaksanakan tugas penegakan hukum, terutama di Papua, agar tidak melanggar HAM.

"Agar para pasukan yang tergelar di Papua, dalam melaksanakan tugas operasi penegakan hukum di Papua supaya tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), di antaranya menyiksa/membunuh masyarakat sipil (kaum perempuan, anak-anak dan orang tua usia lanjut, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat) yang tidak ada kaitanya dengan Kelompok Separatis Teroris (KST)," katanya, Sabtu (29/4/2023).

Belajar dari Kasus Polisi Bunuh Diri, Kompolnas Sarankan Ada Psikolog di Tiap Polres

Dia pun menekankan bahwa, pesan tersebut harus diingat oleh setiap pasukan yang bertugas di Papua. Pasalnya, pelanggaran HAM tidak mengenal kedaluwarsa. Kasusnya tetap dapat diusut bahkan sampai purnatugas.

"Pelanggaran HAM tidak ada kedaluwarsanya, sehingga jangan sampai setelah pensiun dikejar pengadilan HAM," ujarnya.

Arus Balik Malam Ini di Lingkar Gentong Lancar Terkendali

Hal ini disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat menerima Paparan Revisi UU RI Nomor 34 Tahun 2004 oleh Kababinkum TNI Laksaman Muda TNI Kresno Bintoro di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023).

Lebih jauh Panglima TNI menegaskan agar pasukan-pasukan yang tergelar di Papua fokus memberantas KST beserta kelompoknya yang bersenjata dan simpatisan yang nyata-nyata turut menyerang pasukan.

Bagi masyarakat sipil yang diduga simpatisan agar diserahkan ke Polri untuk diproses hukum, tidak ditangani sendiri sehingga melanggar HAM, ucapnya.

Topik Menarik