Ternyata Ini 5 Penyebab Tembok Rumah Retak

Ternyata Ini 5 Penyebab Tembok Rumah Retak

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 20:18
share

JAKARTA - Ternyata ini penyebab tembok retak rambut. Retak rambut merupakan retak yang telihat sangat tipis dan halus dan kerap menjadi menjadi masalah yang cukup ditemui pada tembok bangunan.

Jika bentuk retak rambutnya masih dalam keadaan ringan, maka bisa saja diatasi dengan diamplas atau langsung dicat ulang.

Namun jika terlalu banyak retak, rasanya retak rambut dinding rumah ini juga bisa merusak estetika dan keindahan tampilan rumah.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan tembok retak rambut ini? Dilansir melalui Instagram @kemenpupr, Sabtu (29/4/2023) simak ulasannya.

Acian

Salah satu penyebab timbulnya tembok retak rambut yaitu dari kualitas bahan acian yang kurang baik dan komposisi yang tidak tepat. Untuk itu, mengerjakan acian saat plester belum kering juga sangat berpengaruh besar.

Plaster

Kedua dari segi plaster. Apabila permukaan plaster terlalu kering hingga tak adanya kelembapan sedikitpun, acian tidak dapat menempel sempurna.

Permukaan Tanah

Seiring waktu, tinggi permukaan tanah dapat berubah. Hal inilah yang bisa saja menyebabkan dinding bergerak mengikuti tinggi permukaan tanah dan mengakibatkan retak rambut.

Cat

Selanjutnya cat. Ternyata kualitas cat buruk yang memiliki kekuatan melekat rendah pada acian dapat menyebabkan retak rambut juga.

Penggunaan merk cat yang berbeda untuk setiap lapisan juga bisa mengakibatkan retakan.

Cuaca

Terakhir penyebabnya juga datang dari perubahan cuaca. Di mana hal ini mengakibatkan pemuaian atau penyusutan sedikit banyak pada dinding.

Topik Menarik