Kakek di Banyumas Terjatuh Saat Buang Sampah ke Sungai Pelus, Basarnas Lakukan Evakuasi

Kakek di Banyumas Terjatuh Saat Buang Sampah ke Sungai Pelus, Basarnas Lakukan Evakuasi

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 13:14
share

BANYUMAS, iNewsCilacap.id - Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap melalui Unit Siaga SAR (USS) Banyumas melakukan evakuasi terhadap seorang kakek yang terpeleset dan terjatuh di sungai Pelus Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Kakek bernama Soni (50) itu terjatuh usai membuang sampah pada Jumat (28/4) pukul 22.30 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan jika pihaknya langsung mengirimkan 1 tim rescuer dari USS Banyumas usai mendapatkan laporan tersebut.

Diketahui survivor merupakan warga Desa Ledug, Kecamatan Kembaran yang sedang membuang sampah. Begitu sampai lokasi tepat di bibir Sungai Pelus, survivor terpeleset sehingga terjatuh ke Sungai, kata Adah dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Menurut dia, pihaknya mengirimkan 1 tim rescue USS Banyumas lengkap dengan peralatan mountaineering. Survivor dapat di evakuasi pada Sabtu (29/4) sekitar pukul 00.57 WIB dalam keadaan selamat.

Survivor dievakuasi dengan teknik lifting menggunakan peralatan mountaineering pada kedalaman sungai 12 meter. Selanjutnya rescuer diturunkan untuk menjangkau survivor. Penarikan menggunakan sistem Z-rig dibantu oleh masyarakat sekitar sehingga memudahkan rescuer dan survivor untuk mencapai tempat yang lebih aman, ujarnya.

Untuk kondisi survivor, lanjut Adah mengalami syok dan memar dibagian punggung sehingga pihaknya langsung membawa kakek tersebut ke RSUD Margono untuk penanganan lebih lanjut.

Topik Menarik