Satgas TNI Berhasil Evakuasi 110 WNI yang Terjebak Perang di Sudan

Satgas TNI Berhasil Evakuasi 110 WNI yang Terjebak Perang di Sudan

Nasional | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 11:45
share

JAKARTA - Sebanyak 110 warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak dalam situasi perang di Sudan berhasil dievakuasi ke ke Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (26/4/2923). WNI yang terdiri atas perempuan, laki-laki dan anak-anak itu diterbangkan dengan pesawat 737 A-7305 TNI AU dari Port Sudan menuju posko evakuasi di Jeddah, Arab Saudi.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, merupakan misi evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju Port Sudan melalui jalan darat.

"Alhamdulillah pada Rabu kemarin, evakuasi WNI dapat berjalan lancar. Ini merupakan tahap pertama, yang akan dilanjutkan beberapa tahap berikutnya, dalam sorties penerbangan dari Port Sudan ke Jeddah," ujar dia dalam keterangannya, Kamis, (27/4/2023).

Ia menyebutkan, proses evakuasi ini adalah kerjasama dari berbagai pihak di antaranya Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, KBRI di Sudan, kru pesawat B-737 A-7305 dan juga Konjen RI di Jeddah.

Kemudian, WNI yang berhasil di evakuasi ke Jedah, akan kembali ke Tanah Air menggunakan beberapa pesawat komersial. Sementara pesawat A-7305 akan berada di Jedah untuk melaksanakan evakuasi lanjutan.

"Tim evakuasi dipimpin mission commander Kolonel Pnb Noto Casnoto. Tim terdiri dari kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, dan staf Kemenlu," tuturnya.

Topik Menarik