5 Fakta Warga Lawan KKB Teroris Papua, Andalkan Panah!

5 Fakta Warga Lawan KKB Teroris Papua, Andalkan Panah!

Nasional | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 07:15
share

PAPUA Warga di Bilogai, Intan Jaya, Papua melakukan perlawanan terhadap teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Perlawanan warga ini muncul setelah KKB berulang kali menjadikan masyarakat sebagai tameng saat melarikan diri dari aparat.

Berikut beberapa fakta terkait perlawanan warga Bilogai, Papua terhadap KKB:

1. Gunakan busur dan panah

Informasi perlawanan warga Bilogai terhadap KKB ini diterima Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Kav. Herman Taryaman. Menurut keterangannya, warga melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata tradisional, termasuk panah dan busur.

2. Tidak ada korban jiwa

Menurut laporan yang diterima, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam bentrok warga dengan KKB tersebut. Kolonel Herman Taryaman mengatakan bahwa KKB kerap menggunakan masyarakat sebagai tameng untuk melarikan diri dari aparat.

"KKB selama ini seringkali menjadikan masyarakat sebagai tameng saat melarikan diri dari kejaran anggota TNI-Polri," terang Herman Taryaman dilansir Antara , Selasa (25/4/2023).

3. Forkopimda sepakat lakukan perlawanan terhadap KKB

Forkopimda di Kabupaten Intan Jaya telah melakukan pertemuan dan sepakat untuk melakukan perlawanan terhadap gerombolan KST/KKB yang selalu mengganggu keamanan. Aksi brutal gerombolan KKB memang telah lama meresahkan masyarakat di Intan Jaya.

4. TNI-Polri dalam kondisi siaga

Terkait gangguan keamanan yang kerap dilakukan KKB, aparat keamanan di Intan Jaya berada dalam kondisi siaga. Gangguan keamanan khususnya dialami warga di kampung Sambili, Kusage dan kampung Mamba Bawah.

"Saat ini, anggota TNI-Polri masih bersiaga guna mengantisipasi adanya gangguan dari KKB," kata Kolonel Herman.

5. Baku tembak di Bilogai

Perlawanan warga ini terjadi setelah bentrokan yang terjadi pada Senin, (24/4/2023), saat gerombolan KKB menembaki anggota Brimob di Kampung Bilogai.

Baku tembak pecah setelah anggota TNI yang berasal dari Satgas Yonif 305/Tkr membantu anggota Brimob dan melakukan penembakan ke arah gerombolan KKB.

Topik Menarik