Pilot Susi Air Minta KKB Jangan Dibom, Satgas: Itu Propaganda

Pilot Susi Air Minta KKB Jangan Dibom, Satgas: Itu Propaganda

Nasional | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 00:42
share

AKURAT.CO Rekaman video berdurasi 1,38 menit menampilkan sosok Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehrtens, menyampaikan kondisi terbarunya dalam penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua.

"Saya masih hidup, masih sehat. Saya makan yang baik, minum yang baik," kata Mehrtens.

Mehrtens menjelaskan, dirinya selama ini tidak memiliki masalah dengan pihak penyandera. Bahkan selalu bersama-sama dalam melakukan semua aktivitas harian.

"Saya tinggal dengan orang di sini, duduk bersama, jalan bersama, istirahat bersama. Tidak ada masalah dengan saya," jelas Mehrtens, berbicara dalam Bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Mehrtens juga berharap agar aparat gabungan TNI-Polri tidak menyerang markas KKB, apalagi sampai melakukan pengeboman. Itu justru akan berbahaya bagi dirinya dan banyak orang.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Donny Charles Go, membenarkan adanya rekaman tersebut.

Dia menjelaskan, dalam pernyataan di video, Pilot Susi Air mengungkapkan niat aparat TNI-Polri yang disebut akan mengebom markas KKB. Namun, dia memastikan bahwa informasi tersebut adalah propaganda yang sengaja dibuat oleh KKB untuk menyudutkan TNI-Polri.

"Kita ketahui bahwa TNI-Polri yang berada di lapangan hanya melakukan aksi penembakan, itu pun merupakan bentuk balasan apabila ada penyerangan yang dilakukan oleh KKB," jelasnya di Jayapura, Rabu (26/4/2023).

Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehrtens, disandera KKB sejak 7 Februari 2023, setelah pesawatnya dibakar di landasan pacu Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Topik Menarik