Pengakuan Mengejutkan Warga soal Menara Saidah Menyala Merah saat Maghrib

Pengakuan Mengejutkan Warga soal Menara Saidah Menyala Merah saat Maghrib

Nasional | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 13:33
share

JAKARTA - Pengakuan mengejutkan warga soal Menara Saidah menyala merah saat Maghrib. Menara Saidah menyala merah pun viral di media sosial. Sebab, Menara Saidah sudah menjadi gedung kosong dan terbengkalai sejak 2007.

Pada 2007, Menara Saidah ini resmi ditutup untuk umum karena pondasi gedung tidak tegak berdiri dan miring beberapa derajat serta dianggap membahayakan keselamatan penghuni gedung. Menara Saidah terletak di Jalan MT Haryono, RT.3/RW 01, Cikoko, Pancoran, Kota Jakarta Selatan

Sekretaris RW 01, Muhammad Akbar (42) menjelaskan, peristiwa Menara Saidah menyala merah yang viral tersebut sebagai suatu hal yang mustahil.

"Menurut saya sih mustahil, soalnya di gedung Menara Saidah ini sudah tidak dialiri listrik sejak puluhan tahun yang lalu," ujar Akbar kepada MNC Portal Indonesia , Jakarta, Senin 27 Maret 2023.

Menara Saidah

Akbar menambahkan, meski menjadi gedung kosong, Menara Saidah masih dijaga oleh tiga orang petugas setiap harinya. Namun ternyata, Menara Saidah tersebut masih digunakan dalam sejumlah kegiatan tertentu.

"Setahu saya sih gedungnya masih dipakai, pada perayaan hari Raya Kurban. Pihak pengelola suka memotong hewan kurban di dalam pelataran gedung itu," kata Akbar.

Sementara itu, sejak lama Menara Saidah gelap gulita tidak ada listrik. Dia pun tidak meyakini adanya kebakaran atau peristiwa ganjil lainnya karena dapat dipastikan dirinya beserta warga juga mengetahui hal tersebut.

"Malam di sini itu gedung (Menara Saidah) gelap sama sekali. Tapi di situ sih masih ada petugas yang berjaga," ujarnya.

Menurut Akbar, pihak pengelola Menara Saidah berencana melakukan renovasi namun hingga saat ini belum ada realisasinya. "Yang kami tahu juga, Gedung ini sempat diwacanakan mau direnovasi. Tapi sampai sekarang tidak ada realisasinya," ujarnya.

Berdasarkan pantauan MPI hingga pukul 16.45 WIB, Menara Saidah terlihat sepi dan tidak terurus. MPI bahkan mencoba memantau tampak depan gedung tersebut yang terlihat lusuh, saat berusaha mencari petugas yang berjaga, terlihat satu orang satpam di pelataran Menara Saidah.

Saat ingin konfirmasi perihal Menara Saidah menyala merah Api, petugas keamanan tersebut merasa keberatan. Dia meminta MPI untuk tidak boleh mengambil gambar secara dekat kondisi gedung yang terbengkalai itu.

Kendati demikian, petugas tersebut mengizinkan untuk mengambil gambar di luar pagar komplek Menara yang diduga mengalami kemiringan tersebut. Tampak terlihat di pagar yang berbentuk apa adanya itu, tertulis sebuah tulisan besar.

"DILARANG MASUK + POTO, BUAT KONTEN DAN BIKIN VIDEO," tulis narasi yang tertera di pagar berbahan seng tersebut.

Topik Menarik