Rusia: Amerika Serikat Sudah Melampaui Batas!

Rusia: Amerika Serikat Sudah Melampaui Batas!

Nasional | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 13:32
share

MOSKOW, iNews.id Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menilai Amerika Serikat telah melewati semua batas diplomatik dan norma etika dalam upaya menegaskan hegemoni atau pengaruh kekuasaan atas bangsa lain.

Anda bisa mengharapkan (langkah) apa pun dari Amerika Serikat. Mereka telah melangkahi semua batas diplomatik, etika, dan lainnya seiring keinginan untuk mengamankan hegemoni mereka, ujar Lavrov dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Rusia, Rossiya-24 , Minggu (26/3/2023).

Moskow melihat penentangan AS terhadap perang Rusia dan Ukrainayang sudah berlangsung selama 13 bulansebagai upaya untuk menegakkan kekuasaan Amerika di kancah global.

Lavrov lantas membandingkan sikap Washington DC dengan Beijing. Dia menilai China yang mencerminkan tradisi peradaban besar berusia lebih dari seribu tahun, telah mengembangkan gaya reaksi uniknya sendiri terhadap tekanan diplomatik AS.

(Langkah China) itu mencakup harga diri, analisis mendalam tentang segala sesuatu yang terjadi, dan menghindari tindakan tergesa-gesa, tuturnya.

Komentar Lavrov muncul empat hari setelah Presiden China Xi Jinping mengakhiri kunjungannya ke Moskow. Dalam kunjungan itu, Xi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas hubungan bilateral dan usulan Beijing untuk penyelesaian perang Rusia-Ukraina secara damai.

Di lain pihak, AS menuding China tidak bisa menjadi mediator perang yang tidak memihak. Karena dalih itulah, Washington DC menolak proposal perdamaian yang diajukan China, beberapa waktu lalu.

Topik Menarik