Rusia Larang Pejabat Pakai iPhone Hindari Gangguan Intelijen Barat

Rusia Larang Pejabat Pakai iPhone Hindari Gangguan Intelijen Barat

Nasional | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 18:17
share

JAKARTA, iNews.id - Rusia melarang pejabat yang terlibat dalam persiapan pemilihan presiden 2024 menggunakan iPhone. Ini dilakukan karena ada laporan akan ada gangguan dari intelijen Barat.

Surat kabar harian Rusia, Kommersant menyebut para pejabat memiliki waktu hingga 1 April untuk menemukan perangkat alternatif selain iPhone. Perintah ini disampaikan langsung Sergei Kiriyenko, deputi kepala staf pertama Administrasi Kepresidenan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menjelaskan, iPhone tidak boleh digunakan untuk bisnis resmi. Ini bukan tanpa alasan, karena perangkat tersebut dinilai memiliki mekanisme yang cukup transparan.

Dilansir dari Techradar , Rabu (22/3/2023), The Moscow Times melaporkan pengumuman tersebut adalah kata terakhir dari diskusi yang telah berlangsung selama beberapa minggu. Ini juga mengisyaratkan ketidakpercayaan Rusia terhadap perangkat buatan Apple.

Sebuah sumber yang mengetahui keputusan tersebut mengatakan kepada Kommersant Kremlin mungkin menawarkan untuk membeli perangkat alternatif bagi pengguna iPhone yang terpengaruh untuk membuat peralihan dari teknologi Amerika menjadi lebih mudah.

Kremlin kemudian menyarankan pengguna iPhone untuk menggantinya dengan perangkat Android, meskipun ini suatu hari nanti mungkin dilarang karena negara tersebut beralih ke perangkat China dan Rusia.

Banyak yang berharap ini menjadi pendahulu untuk langkah lebih besar menuju Aurora, OS seluler berbasis Linux yang dikembangkan anak perusahaan raksasa telekomunikasi Rusia Rostelecom, Open Mobile Platform, meskipun berasal dari OS Finlandia.

Namun, ilmuwan politik Nikolai Mironov melihat tidak ada insentif politik di balik keputusan melarang pejabat menggunakan iPhone, mengutip solusi pragmatis murni dan tidak ada penolakan massal terhadap merek yang \'tidak ramah\'.

Rusia sendiri telah berusaha untuk melarang teknologi Barat lain, seperti platform konferensi video Zoom dari penggunaan resmi yang mendukung alternatif buatan dalam negeri. Kremlin berusaha menghindari ketergantungan kepada Barat.

Topik Menarik