Link Live Streaming Sidang Isbat Ramadan 2023, Penetapan Hari Pertama Puasa

Link Live Streaming Sidang Isbat Ramadan 2023, Penetapan Hari Pertama Puasa

Nasional | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 15:17
share

JAKARTA, celebrities.id - Sidang Isbat untuk menentukan Ramadhan 2023 akan digelar Rabu (22/3/2023) sore di kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat.

Masyarakat bisa mengikuti sidang secara daring lewat live streaming di kanal YouTube Kemenag.

Siaran langsung Sidang Isbat akan dimulai pukul 17.00 WIB. Berdasarkan laporan, nantinya akan ada tiga rangkaian kegiatan yang dilangsungkan, yakni posisi hilal, sidang sibat dan ditutup dengan Konferensi pers penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah.

Nah untuk link live streaming sidang Isbat Ramadhan 2023 adalah sebagai berikut:

https://www.youtube.com/live/gensJMMF1y4?feature=share

Untuk diketahui, sebelumnya Kemenag telah menggelar 124 titik lokasi untuk memantau rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Memantau rukyatul hilal dilakukan guna mengukur dan mengamati visibilitas hilal saat matahari terbenam.

Nantinya hasil rukyatul hilal ini akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan awal Ramadan 1444 H.

Adapun Sidang Isbat bakal dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, serta Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Topik Menarik