Hedonisme Keluarga Sekda Riau Jadi Sorotan, Wagub Ingatkan ASN Tak Bergaya Hidup Mewah

Hedonisme Keluarga Sekda Riau Jadi Sorotan, Wagub Ingatkan ASN Tak Bergaya Hidup Mewah

Nasional | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 17:16
share

PEKANBARU, iNews.id - Gaya hidup keluarga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto belakangan ini menjadi sorotan warganet. Istri dan anak Sekda Riau itu kerap mengunggah foto-foto di media sosial yang dinilai hedonisme.

Polemik ini mendapat tanggapan dari Wakil Gubernur (Wagub) Pemprov Riau Edy Natar Nasution. Dia mengatakan, sudah sejak awal mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak bergaya hidup mewah.

Selain itu, dia juga sudah mengklarifikasi mengenai hal tersebut ke Sekda Riau, SF Hariyanto.

Dan beliau (SF Hariyanto) merenposnya. Beliau mengatakan untuk mengklarifikasinya, ujar Edy Natar Nasution Selasa (21/3/2023).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kata dia sudah mengintruksikan agar ASN tidak hidup hedon. Hendaknya itu menjadi pembelajaran ke kita bahwa sesuatu itu tidak pada tempatnya untuk dilakukan oleh ASN baik yang di pusat maupun di daerah, katanya.

Sebelumnya, cuitan Twitter akun @Partai Socmed mengunggah sederet foto yang menampilkan kehidupan mewah Adrias Hariyanto, istri Sekda Riau, SF Hariyanto.

Unggahan tersebut sontak heboh dan menandapat berbagai komentar dari warganet. Dalam foto-foto tersebut, Adrias tampak berpose menggunakan barang bermerek dan mewah senilai ratusan juta dari brand asal Prancis.

Selain itu, di Instagram pribadinya, istri Sekda Riau juga kerap mengunggah foto saat mengunjungi banyak negara. Kehidupan mewah Adrias sontak menjadi menjadi sorotan warganet.

Tak hanya istrinya, anak SF Hariyanto juga disorot karena gaya hidup mewahnya.

Sementara itu, SF Hariyanto menjelaskan foto yang beredar merupakan koleksi foto-foto lama pada 2017-2019.

Pada waktu itu, dia belum menjabat Sekda Riau dan masih bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum. Selain itu, dia membantah pelesir istrinya ke luar negeri bukanlah suatu kemewahan (hedonisme) seperti yang dihebohkan.

Liburan ke luar negeri itu, kata dia tidak mengeluarkan biaya yang besar dan bersifat patungan bersama teman-temannya. Liburan ke luar negeri itu lebih kurang Rp14 juta untuk tujuh hari. Kelas ekonomi dan memilih tiket promo. Menginapnya di apartemen biasa untuk menghemat biaya dan bahkan ada yang menggunakan transportasi umum. Jadi tidaklah bermewah-mewahan seperti yang diinfokan, ucapnya.

Dia juga menjelaskan, tas dengan merek mewah yang dipamerkan istrinya dan disorot warganet merupakan barang KW yang dibeli di kawasan Mangga Dua, Jakarta.

Topik Menarik