Lepas Satgas Covid-19 di Papua, Panglima TNI-Kapolri Minta Patuhi Protokol Kesehatan

Nasional | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 20:33
Lepas Satgas Covid-19 di Papua, Panglima TNI-Kapolri Minta Patuhi Protokol Kesehatan

JAKARTA - Panglim TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua. Salah satu agendanya adalah melepas Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Pada kesempatan itu, Panglima dan Kapolri menginstruksikan kepada tim Satgas Covid-19 yang tergabung dari prajurit TNI-Polri untuk lebih mendisiplinkan dan mematuhi protokol kesehatan.

Panglima dan Kapolri meminta Satgas Covid-19 agar melaksanakan tugas sebagai anggota Satgas Covid-19 di wilayah Papua dengan baik. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, lakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat agar masyarakat menjadi paham tentang protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Kemudian lakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak mulai dari tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, instansi pemerintah dan stake holder lainnya agar tugas-tugas satgas Covid-19 dapat dilaksanakan dengan optimal dan bersinergitas dalam melaksanakan tugas.

Pada kesempatan itu, Panglima dan Kapolri juga melaksanakan pelepasan satgas bermotor dalam rangka Pencegahan Covid-19 dan pembagian sembako serta masker kepada perwakilan tokoh masyarakat.

Menanggapi hal ini, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan bahwa kegiatan Panglima TNI dan Kapolri di Papua adalah dalam rangka satgas Covid-19. "Ya benar, kegiatan ini merupakan atensi dari Presiden Jokowi untuk melakukan penanganan covid-19 secara simultan yang melibatkan berbagai elemen mulai dari TNI,Polri, Kementerian Kesehatan dan K/L terkait lainnya agar pandemi covid-19 di wilayah Papua khususnya dapat segera ditangani dengan baik" kata Argo, saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Argo menjelaskan lebih lanjut bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan di Timika. "Setelah acara di Jayapura, Panglima TNI dan Kapolri akan melanjutkan kegiatan di Timika" imbuh Argo.

Selepas Jayapura, Panglima TNI dan Kapolri juga berkunjung ke Timika. Rombongan langsung menuju ke Rimba Papua Hotel untuk kegiatan Satgas Covid-19 di Timika. Kegiatan arahan oleh Panglima TNI dan Kapolri dilaksanakan selama satu jam dengan dihadiri oleh Satgas Covid-19 wilayah Timika.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan bahwa kegiatan Panglima TNI dan Kapolri di Timika adalah dalam rangka Satgas Covid-19. "Penekanan yang diberikan kepada anggota TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Covid-19 adalah tentang protokol kesehatan dan pentingnya kerjasama dengan instansi terkait di Timika agar penanganan covid-19 di Timika dapat dilaksanakan dengan baik," tutup Argo.

Artikel Asli