Banyak Gerai Transmart Tutup, Harta Kekayaan Chairul Tanjung Turun?

Banyak Gerai Transmart Tutup, Harta Kekayaan Chairul Tanjung Turun?

Nasional | BuddyKu | Selasa, 7 Februari 2023 - 03:41
share

JAKARTA 12 gerai Transmart tutup sepanjang 2022. Gerai Transmart milik Miliarder Chairul Tanjung belakangan ini viral lantaran sepi dan harganya mahal.

Transmart Carrefour dimiliki Chairul Tanjung (CT) melalui PT Trans Retail. Di tengah tumbangnya gerai Transmart, berapa harta kekayaan Chairul Tanjung?

Menurut data Forbes, CT memiliki harta kekayaan sebesar USD5,3 miliar atau setara Rp78,9 triliun (kurs Rp14.900 per USD) dan menduduki peringkat 6 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022.

Namun, sejatinya kekayaan CT turun. Sebelum Forbes mengumumkan daftar 50 orang terkaya Indonesia 2022, harta kekayaan CT menyentuh USD8,3 miliar atau setara Rp123,6 triliun. Jika dihitung, harta kekayaan CT menyusut sekitar Rp44,7 triliun.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid mengatakan, sepanjang 2022 sebanyak 12 gerai Transmart sudah gulung tikar. Terbanyak terjadi di Jakarta dan Batam.

"Di 2022 (yang sudah tutup) 12 toko. Beberapa ada di Jakarta dan Batam, terakhir itu. Kalau tahun 2023 belum ada," ungkap Satria.

Menurutnya, perusahaan sudah melakukan serangkaian strategi agar gerai Transmart bisa sehat dan bertahan. Seperti menyebarkan flyer promosi, undang konsumen ke gerai, jemput bola ke rumah-rumah konsumen, bahkan sampai menjual produk ritel dengan trolley keluar.

Namun hasil berkata lain, upaya tersebut tidak bisa mengembalikan pengunjung seperti sediakala.

"Kita sudah melakukan berbagai rangkaian strategi untuk toko itu sehat dan survive. Tapi kalau toko tersebut tidak bisa survive, tentunya kita harus ambil langkah efisiensi. Artinya opsi tutup tidak bisa kita hindari. Kita tutupnya juga satu satu bukan yang serentak gitu. Kita lihat, kita analisa dan kita kuatkan toko tersebut. Kalau memang tidak bisa ya sudah kita tutup," kata Satria.

Topik Menarik