PKS Abstain di Pilkada Solo 2020

Nasional | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 13:29
PKS Abstain di Pilkada Solo 2020

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan abstain di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2020. PKS bersikap tidak mendukung Pasangan Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa maupun pasangan jalur independen Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo).

"Ya memang sampai hari ini DPD kota Solo itu mereka mengatakan mereka berikhtiar untuk menghadirkan calon lain, tapi dari semua ikhtiar yang dilakukan itu mereka menyimpulkan mereka menginginkan abstain. Tidak mengusung salah satu di antara dua yang bertarung nanti‎," ujar Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (29/8/2020). (Baca juga: Fenomena Calon Tunggal Bukti Demokrasi Lokal Semakin Rapuh)

Adapun alasan abstain itu, kata dia, karena suasana kebatinan kader PKS di daerah tersebut. Dia pun memberikan contoh suasana kebatinan itu seperti sikap PKS yang memutuskan mendukung Siti Nur Azizah Ma'ruf - Ruhama Ben di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. "Jadi misalnya kenapa di Tangsel PKS dengan Putrinya Pak Ma'ruf Amin, ya suasana kebatinan yang terbentuk itu lebih ini ke Nur Azizah, jadi itu saja sebetulnya, termasuk di Solo juga, nampaknya mereka suasana kebatinan mereka ya sangat prefer mereka merasa nyaman kalau abstain seperti itu," katanya. (Baca juga: Teguh Prakosa Enggan Remehkan Bajo di Pilwalkot Solo)

Sohibul mengungkapkan PKS di daerah Solo sudah berusaha menghadirkan calon alternatif lain. "Dimana salah satu calon yang begitu kuat, semua partai ke situ, nah kita inginnya ada calon yang bisa mengimbangi itu, tetapi kan ternyata kursi PKS tidak memadai untuk itu, nah sekarang memang ada independen, ya kalau independen kan memang tidak perlu usungan dan dukungan partai kan, karena itu PKS ya sudah teman-teman di Solo menginginkan abstain," pungkasnya. Rico Afrido Simanjuntak

Artikel Asli