RS Madani Tambah Ruang Isolasi Khusus Covid-19

Nasional | republika | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:52
RS Madani Tambah Ruang Isolasi Khusus Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Rumah Sakit Daerah Madani di Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, menambah ruang isolasi khusus untuk perawatan pasien Covid-19 dari 24 ruang menjadi 36 ruang.

"Sekarang total ruangan isolasi Covid-19 di RSD Madani sudah ada 36," kata Direktur Utama Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru dr Mulyadi di Pekanbaru, Sabtu (29/8)

Ia mengatakan, penambahan ruangan isolasi khusus untuk pasien Covid-19 karena setiap hari ada tambahan pasien Covid-19. Pada Kamis (27/8), jumlah pasien Covid-19 bertambah sampai 40 orang di Pekanbaru.

Karena pasien masih bertambah banyak sementara ruang isolasi yang tersedia di rumah sakit daerah semula hanya 24 ruangan, Pemerintah Kota Pekanbaru menambah 12 ruang isolasi.

"Penambahan ruangan dimaksud juga diikuti kelengkapan fasilitasnya," kata Mulyadi, yang juga Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru.

Dia mengatakan bahwa penambahan tenaga kesehatan juga dibutuhkan untuk mendukung penyediaan tambahan ruang isolasi. Menurut dia, RSD membutuhkan tambahan 11 tenaga kesehatan dan sudah mengajukan permohonan penambahan tenaga ke Sekretaris Daerah.

"Semoga segera dipenuhi," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwajumlah pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan di RSD Madani saat ini 16 orang.

"Sekarang tinggal 16 yang kami rawat di RSD Madani, sebelumnya ada 24, karena yang delapan sudah sembuh dan dipulangkan," katanya.

Menurut data Pemerintah Provinsi Riau, pada Sabtu total ada 137 pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan, 118 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi, 11 penderita Covid-19 yang meninggal dunia, dan 306 pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh.


Artikel Asli