Pertama di Dunia, Wisuda UPGRIS Digelar secara Drive In

Nasional | ayosemarang | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:55
Pertama di Dunia, Wisuda UPGRIS Digelar secara Drive In

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Pandemi Covid-19 tak menyurutkan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar wisuda ke-67. 

Kali pertama dalam prosesi wisuda, upacara digelar dengan cara drive in atau berada di dalam mobil masing-masing serta secara virtual, Sabtu (29/8/2020).

Kondisi lapangan kampus IV UPGRIS di Jalan Gajah Raya Semarang yang luas membuat wisuda drive in ini bisa digelar.

Ada 396 mahasiswa mengikuti wisuda drive in dan 162 diselenggarakan secara daring atau total sebanyak wisudawan 558.

Mahasiswa yang mengikuti secara daring dikarenakan jarak rumah jauh dan daerah masih zona merah. Sehingga mereka tetap mendapatkan hak serta layanan yang sama dengan drive in.

AYO BACA : FH UPGRIS Ikut Aktif Kawal Pilkada 2020

"Wisuda drive in ini mungkin pertama kali ada di Indonesia, bahkan di dunia. Wisuda tetap kami gelar karena  banyak mahasiswa maupun orang tua siswa yang menghendaki diselenggarakan prosesi wisuda," jelas Rektor UPGRIS Dr Muhdi saat pidato wisuda.

Muhdi menegaskan ada regulasi baku terkait wisuda drive in kali  ini. Acuan utamanya adalah protokol kesehatan Covid-19. "Terutama tentang penggunaan masker dan jaga jarak," tandasnya.

Muhdi dalam kesempatan tersebut berpesan masa depan tidak akan bersahabat lagi dengan masa kini, apalagi masa lalu. Untuk itu  para wisudawan  harus terus mengasah diri, membangun pribadi,  menjadi pribadi yang kreativ, inovatif, menjawab tantangan zaman. 

"Itulah yang dikehendaki motto UPGRIS  “the meaning university”, yaitu menghasilkan  lulusan yang mampu mencipta melalui berbagai kreativitas dan inovasi, untuk di persembahkan bagi kemaslahatan negeri," jelasnya.

Salah satu mahasiswa yang bersemangat mengikuti wisuda ini adalah Muhammad Nur lulusan terbaik Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahrahragaan (FPIPKSR) UPGRIS. 

AYO BACA : Usung Hendi-Ita, PKB Gerakkan Struktur dan Kultur

“Senang dapat mengikuti wisuda secara Drive In daripada tidak (wisuda) sama sekali. Meski sangat berbeda tapi tidak masalah juga. Ini pengalaman yang sangat berharga dan menrik dalam sejarah hidup saya,” jelasnya ditemui usai menjalani wisuda Drive in di kampus IV UPGRIS jalan Gajah Raya Semarang.

Pengalaman wisuda ini tentunya menjadi pengalaman yang mengesankan dan sangat berharga. Menggunakan masker menjadi salah satu syarat wajib ketika menjalani rangkaian wisuda. 

Peraturan ini juga berlaku bagi seluruh anggota keluarga yang berada di dalam mobil keluarga wisudawan. Kondisi tubuh dalam kondisi sehat, selama proses wisuda wajib berada di kendaraan masing-masing kecuali kebutuhan ke kamar kecil. 

Satuan tugas (satgas) Covid-19 UPGRIS semua diterjunkan untuk membantu semua proses wisuda dari awal hingga akhir. Sebelum dilaksanakan wisuda seluruh area kampus IV disemprot menggunakan desinfektan terlebih dahulu.

Saat kendaaraan datang memasuki area kampus IV UPGRIS langsung disemprot desinfektan. Peserta wisudawan serta keluarga dicek suhu menggunakan thermal gun, protokol kesehatan sangat diutamakan.  

Kendaraan wisudawan ditata rapi dan urut sesuai nomor yang sudah ditetapkan menghadap kampus IV. Setelah rangkaian acara selesai kemudian satu persatu kendaraan mengikuti arahan dari pambawa acara untuk mengikuti wisudawan menerima ijazah dari rektor.

AYO BACA : Pusat Bahasa UPGRIS Gelar Kelas Bahasa Inggris Gratis untuk Umum

Artikel Asli