Hebat! Pesawat F-16 TNI AU Bisa Tembak 4 Target Sekaligus Tanpa Melihat

Nasional | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 09:46
Hebat! Pesawat F-16 TNI AU Bisa Tembak 4 Target Sekaligus Tanpa Melihat

MADIUN - Kemampuan dua pesawat tempur F-16 A/B Blok 15 yakni TS-1610 dan TS-1601 milik TNI Angkatan Udara (AU) setelah di upgrade (perbarui) di Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi, Madiun Jawa Timur semakin hebat.

Pasalnya, pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat itu kini dipersenjatai dengan senjata-senjata modern dan mematikan seperti, Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C, Air Intercept Missile AIM-9 X, Laser JDAM, Air to Ground Missile AGM-65 D/G dan Advanced Targeting Pod. (Baca juga: Kemhan Serahkan Dua Pesawat Tempur F-16 Upgrade ke TNI AU)

Termasuk dilengkapi radar canggih seperti, ALR-69 Radar Warning Receiver (RWR), ALQ-213 Electronic Warfare Management System (EWMS), ALE-47 Countermeasures. New radar APG-68(V)9. Kehebatan radar ini adalah mampu mendeteksi sasaran di atas permukaan yang lebih jauh yaitu, meningkat lebih dari 30% daripada radar sebelumnya. Selain itu pada mode udara ke udara. (Baca juga: Bopong Senjata dan Radar Canggih, Pesawat F-16 TNI AU Semakin Garang)

Radar ini juga memiliki beberapa fitur baru antara lain, dapat melakukan akuisisi beberapa target sekaligus untuk penembakan rudal dari udara ke udara. "Secara khusus peningkatan kekuatan radar adalah salah satu hal yang menjadi game changer. Sehingga pesawat dapat mengunci dan menembak empat target udara secara simultan," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat penyerahan dua pesawat F-16 program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) Kementerian Pertahanan (Kemhan) di Skadron 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Jumat (28/8/2020).

Hadir dalam serah terima ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa, Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Fadjar Adriyanto. (Baca juga: Upgrade Pesawat F-16 Habiskan USD12 juta, Bappenas: Hemat Anggaran)

Tidak hanya itu, kata Fadjar, pesawat ini juga mampu menembak target tanpa harus melihat. "Pesawat ini membawa smart ammunition, bisa melakukan penembakan tanpa melihat dan juga punya kamera yang super canggih yang bisa melihat secara detail. Sangat-sangat presisi," tegasnya. (Baca juga: Pesawat N250 Bukti Penerbangan Indonesia Pernah Gemparkan Dunia)

Senada, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Fadjar Adriyanto mengatakan, penyerahan dua pesawat progam Falcon Star yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan struktur pesawat, sedangkan eMLU untuk meningkatkan kemampuan peperangan baik itu radar maupun avioniknya telah selesai dilakukan. "Setelah pesawat F-16 A/B ini upgrade, kemampuannya jauh di atas pesawat yang kemarin datang sepuluh tahun yang lalu," kata dia.

Untuk proses upgrade pesawat tempur F-16 selanjutnya, yakni, pesawat ketiga hingga kesepuluh, akan dilakukan sepenuhnya oleh teknisi Indonesia dengan tetap disupervisi dari Lockheed Martin. "Dengan banyaknya sistem yang baru ini memudahkan penerbang. Kalau dulu lihat kanan dan kiri untuk melihat musuh kalau sekarang tidak usah di radar sudah bisa semua," katanya

Artikel Asli