Shinzo Abe Mundur, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

Nasional | wartaekonomi | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 07:00
Shinzo Abe Mundur, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Jepang, hari ini, Jumat, 28 Agustus 2020, karena alasan kesehatan. Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo juga turut menyampaikan ucapan terima kasih dan doa untuk kesehatan Abe.

Dalam cuitannya yang diunggah di akun Twitter @jokowi, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang ia temui ketika menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014 lalu.

Baca Juga: Berkah WFH, Pendiri Software Ini Jadi Miliarder Baru di Jepang

"Di bawah kepemimpinannya, kami menyaksikan hubungan bilateral yang lebih kuat antara Indonesia-Jepang," tulis presiden dalam cuitan tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas persahabatan yang telah terjalin selama masa kepemimpinan Shinzo Abe. Pada cuitan itu, Jokowi menyebut akun Twitter resmi @AbeShinzo dan @JPN_PMO.

"Terima kasih PM @AbeShinzo @JPN_PMO atas persahabatan. Semoga Anda selalu sehat," cuit presiden.

Abekesehatannya mulai menurun sekitar pertengahan bulan lalu dan dia tak ingin kondisinya mempengaruhi keputusan penting dalam pembuatan kebijakan.

"Saya telah memutuskan untuk mundur dari jabatan perdana menteri," kata Abe dalam konferensi pers, dikutip Channel News Asia, Jumat, 28 Agustus 2020.

Abe mengungkapkan bahwa dia menderita kolitis ulseratif atau penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan. Abe telah berjuang melawan penyakit itu selama bertahun-tahun dan juga telah beberapa kali dirawat di rumah sakit.

Artikel Asli