Profil Brigjen Tri Budi Utomo, Jenderal Tercepat Akmil 1994 Jabat Wadanjen Kopassus

Nasional | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 05:05
Profil Brigjen Tri Budi Utomo, Jenderal Tercepat Akmil 1994 Jabat Wadanjen Kopassus

JAKARTA, iNews.id – Karier militer Brigjen TNI Tri Budi Utomo makin mencorong. Berdasarkan mutasi jabatan teranyar, Komandan Korem 052/Wijayakrama ini dipercaya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk menjabat Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus).

Penunjukan Tri tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 tanggal 26 Agustus 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Keseluruhan terdapat 62 perwira tinggi (pati) yang dimutasi kali ini, terdiri atas 27 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL dan 22 Pati TNI AU.

“Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Panglima, dikutip dari laman resmi TNI, Jumat (28/8/2020).

Dipromosikan sebagai orang nomor dua di Korps Baret Merah menjadikan Tri Budi Utomo ibarat pulang ke rumah. Betapa tidak, sebagian besar karier perwira dari kecabangan infanteri ini berada di satuan elite TNI AD tersebut.

Bahkan, Tri merupakan mantan Komandan Satuan-81/Gultor. Ini merupakan unit paling elite di Kopassus, bahkan termasuk pasukan terhebat di dunia. Lazimnya, sosok yang menempati satuan ini merupakan prajurit terbaik.

Selama dua tahun Tri menjabat sebagai komandan. Selanjutnya dia dipromosikan sebagai Asisten Personel Danjen Kopassus (2017-2019). Kariernya semakin melesat saat dia ditunjuk sebagai Komandan Grup A Paspampres.

Tri ketika itu menggantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan, seniornya di Kopassus. Menariknya, Tri kini menjadi pendamping Hasan. Seperti diketahui berdasarkan mutasi teranyar tersebut, Brigjen TNI Mohamad Hasan dipercaya Panglima TNI untuk menjabat Danjen Kopassus.

Karier cemerlang Tri sesungguhnya tidak mengejutkan. Sejak ditunjuk sebagai Dangrup A Paspampres, dia diramal bakal menempati jabatan strategis lainnya. Hal ini tidak mengherankan mengingat “tradisi” itu telah lama berlangsung. Biasanya, perwira yang ditunjuk sebagai Dangrup A Paspampres akan menjabat Danpaspamres, Danrem atau jabatan penting lainnya.

Untuk Tri, dia juga seperti mengikuti jejak Brigjen Hasan yang selepas Dangrup A Paspamres dipromosikan sebagai Danrem 061/Suryakencana. Bedanya, Tri ditugaskan sebagai Danrem 052/Wijayakrama, yang membawahi Kodim Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tangerang dan Tigaraksa.

Istimewanya, berdasarkan validasi organisasi TNI, Korem 052/Wijayakrama dinaikkan menjadi tipe A. Itu artinya, danrem akan dijabat jenderal bintang satu alias brigjen.

Dengan promosi jabatan sebagai Danrem 052/Wkr, Tri pun pecah bintang. Dia sekaligus tercatat sebagai jenderal bintang satu pertama dari abituren (lulusan) Akademi Militer 1994.

Artikel Asli