Wiku: Semua Negara Berlomba Akses Vaksin Covid-19 Potensial

Nasional | republika | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:30
Wiku: Semua Negara Berlomba Akses Vaksin Covid-19 Potensial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski vaksin Covid-19 belum dinyatakan resmi ditemukan, semua negara berlomba-lomba untuk mengaksesnya. Indonesia pun terus berupaya mendapatka vaksin potensial.

"Negara-negara lain berupaya mendapatkan vaksin. Kami juga mencoba untuk mengakses vaksin karena negara ini punya populasi yang besar," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat mengisi konferensi virtual BNPB, disimak di Jakarta, Jumat (28/8).

Wiku menyebut, pihaknya ingin memastikan bahwa bila vaksin telah dikembangkan di berbagai wilayah di dunia, pihaknya bisa mengaksesnya untuk rakyat Indonesia. Ia mengatakan, pemerintah Indonesia sangat aktif mendekati beberapa negara dan institusi untuk menjangkau vaksin potensial.

Wiku menampik pihaknya tidak melakukan upaya kesehatan masyarakat karena pemerintah Indonesia juga berharap mendapatkan vaksin virus tersebut. Di lain pihak, ia menegaskan bahwa vaksin bukan satu-satunya jawaban untuk mengakhiri pandemi ini.

"Kita mengerti upaya preventif adalah pendekatan terbaik untuk melawan virus ini," katanya.

Untuk itu, Wiku mengatakan, pendekatan kesehatan masyarakat telah diimplementasikan di kampanye perubahan perilaku masyarakat Indonesia sebelum mendapatkan vaksin. Sebab, perubahan perilaku bisa mencegah terinfeksi virus ini.

"Karena tidak ada satupun (hasil uji klinis) menunjukkan vaksin sebagai solusi," ujarnya.

Terkait prediksi Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) bahwa pandemi ini berakhir dalam dua tahun, Wiku menegaskan bahwa tidak ada yang tahu mengenai ujung pandemi. Ia pun meminta semua pihak harus memastikan semua pihak bekerja bersama, termasuk melakukan pencegahan sebelum vaksin akhirnya ditemukan.

Artikel Asli