Zona Merah Covid-19, Pemkot Bogor Batasi Aktivitas di Lingkungan RW

Nasional | okezone | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:00
Zona Merah Covid-19, Pemkot Bogor Batasi Aktivitas di Lingkungan RW

BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas selama dua pekan ke depan. Dalam aturanya, wilayah RW atau kelurahan yang masuk zona merah virus corona atau Covid-19 akan dibatasi aktivitasnya.

"Besok, mulai Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas. RW zona merah dibatasi aktivitasnya, semi lockdown lah," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Aktivitas yang dibatasi di tingkat wilayah itu mulai dari larangan berkerumun, larangan menggelar kegiatan resepsi pernikahan hingga larangan solat Jumat berjamaah di masjid. Namun, kegiatan lain terkait kesehatan dan pangam masih diperbolehkan.

"Boleh beraktivitas, kalau kesehatan dan pangan tapi gak boleh nongkrong. Bukan lockdown total, cuma gak bisa ngumpul, enggak bisa tahlilan, enggak boleh solat Jumat (berjamaah). Enggak ada berkerumun," tegasnya.

Baca Juga : Zona Merah, Bima Arya: Setop Dulu Operasional Mal di Kota Bogor

Nantinya, untuk pengawasan Pemkot Bogor akan menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas hingga aparatue wilayah setempat. Saat ini, tengah dibuat rancangan payung hukumnya dengan Perwali.

"Perwalinya tinggal ditandatangani," tutup Bima.

Seperti diketahui, Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor hingga Kamis 27 Agustus 2020 mencatat sebanyak 104 RW dari total 797 RW atau sebesar 13.42 persen dan 49 dari 68 kelurahan di Kota Bogor masuk dalam kategori zona merah. Tertinggi dari klaster keluarga.

Artikel Asli