Ketika PDI Perjuangan Seleksi 5 Kader Banteng Jadi Calon Presiden (2)

Ketika PDI Perjuangan Seleksi 5 Kader Banteng Jadi Calon Presiden (2)

Nasional | law-justice.co | Jum'at, 3 Februari 2023 - 12:00
share

PDIP adalah partai yang digadang-gadang menjadi pemenang di Pemilu 2024 mendatang berdasarkan hasil survei banyak lembaga. PDIP selalu diprediksi meraih banyak suara di pemilihan anggota DPR.

Berangkat dari kans dan popularitas besar PDIP untuk memenangkan Pemilu 2024 itu, wajar jika banyak yang menanti siapa sosok calon presiden yang akan diusungnya.

PDIP juga satu-satunya partai politik peserta Pemilu 2024 yang bisa mendaftarkan capres-cawapres ke KPU tanpa harus berkoalisi.

Pasalnya, mereka sudah memenuhi syarat kepemilikan 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional hasil pemilu sebelumnya.

Kandidat diseleksi jadi 3 pada Maret

Sumber yang lainnya mengatakan seleksi kader untuk dijadikan kandidat capres akan mengerucut menjadi tiga nama pada Maret mendatang dan tidak akan diumumkan kepada publik.

Setelah itu akan menjadi satu nama di bulan Juni mendatang dan akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Rencananya itu Juni akan diumumkan. Rencananya," ucap sumber tersebut.

PDIP bakal menggelar acara besar di Gelora Bung Karno di Hari Lahir Pancasila 1 Juni mendatang. Kader dari berbagai daerah akan berkumpul di sana.

Namun, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan capres dari partainya tidak akan diumumkan pada momen tersebut.

"Nanti momentum capres akan dilakukan pada momentum lain," kata Hasto ditemui usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI-P di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1).

Mengenai sosok capres, Hasto pernah mengatakan partainya tidak mengutamakan popularitas. Dia menganggap selama ini bursa capres seolah dibentuk oleh lembaga survei yang hanya didasari popularitas.

PDIP, kata Hasto, tidak mau terpaku pada hal tersebut. Hasto mengatakan PDIP akan melihat kualitas dan kapabilitas sosok untuk memimpin Indonesia ketimbang hanya bermodal popularitas.

Topik Menarik