Hujan Deras Sebabkan Longsor hingga Motor Warga Hanyut di Gunungkidul

Hujan Deras Sebabkan Longsor hingga Motor Warga Hanyut di Gunungkidul

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 3 Februari 2023 - 05:36
share

YOGYAKARTA - Hujan deras mengguyur kawasan Gunungkidul, Yogyakarta pada Kamis 2 Februari 2023 malam mulai pukul 19.50 WIB. Hujan mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik.

Misalnya, longsor terjadi di Dusun Putat I Kelurahan Putat Kapanewon Patuk Gunungkidul setelah tebing setinggi 5 meter sepanjang 5 meter jebol menerjang bangunan dapur milik Syaiful.

Menurut Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kelurahan Putat M.Ali Syafrodin, hujan deras disertai angin kencang melanda Kelurahan Putat sejak selepas maghrib. Hal tersebut menyebabkan tebing setinggi 5 meter selebar 5 tebing longsor.

"Menimpa dua rumah. Namun, tidak terlalu signifikan karena yang satu hanya menimpa dapur," ujarnya, Jumat (3/2/2023) dini hari.

Ali menambahkan, imbas hujan deras membuat Talud setinggi 5 meter menimpa dua rumah masing-masing milik Sutrisna dan Syaiful. Beruntung tak ada korban dalam peristiwa ini karena pemilik rumah telah menyelamatkan diri.

Rencananya proses pembersihan material longsoran dan penanganan longsor susulan bakal dilakukan pagi ini. "Kami lakukan Sterilisasi lokasi di mana pemilik rumah pindah sementara," ujarnya.

Tanah longsor juga terjadi di sejumlah tempat. Dari grup relawan Gunungkidul, hingga pukul 23.21 WIB, dilaporkan Talud longsor di RT 01/07 Dusun Wonosari Kelurahan Jurangjero, Kapanewon Ngawen yang mengancam rumah Supono.

Longsor juga menimpa rumah Istanto Pagerjurang 01/05 Kampung Ngawen Kapanewon Ngawen. Kemudian, longsor menimpa rumah Hardi wiyono Pringombo 01/02 Natah Nglipar. Rumah Iswandanu di Putat1 Putat Patuk juga dilaporkan tertimpa longsor.

Dilaporkan juga jalan di Ngoro Oro Sampang Gedangsari tertutup longsor. Lalu, pohon jati bulat 100 cm tumbang mengenai jaringan listrik di Gandu RT 04/05 Mertelu Gedangsari.

Sementara itu, air meresap masuk ke rumah di lokasi tanah bergerak di Serut 02/01 Serut Gedangsari. Terakhir, seperda motor dilaporkan hanyut di Crossway Gambiran Bunder Patuk.

Topik Menarik