Profil Brigjen TNI Rafael Granada Baay, Jenderal Kopassus yang Jadi Perisai Hidup Jokowi

Profil Brigjen TNI Rafael Granada Baay, Jenderal Kopassus yang Jadi Perisai Hidup Jokowi

Nasional | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 10:35
share

JAKARTA Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengangkat Brigjen TNI Rafael Granada Baay sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Brigjen TNI Rafael Granada Baay selanjutnya akan menggantikan Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko yang dimutasi menjadi Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) pasukan elite TNI AU.

Pengangkatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Total ada 84 perwira yang dimutasi dalam SK teranyar Panglima TNI yang ditetapkan pada 31 Januari 2023 ini.

Brigjen TNI Rafael Granada Baay jabatan lama Dir H Bais TNI, jabatan baru Danpaspampres, bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews, Kamis (2/2/2023).

Brigjen TNI Rafael Granada Baay merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993. Pria kelahiran Tidore, Maluku 25 Juni 1971 ini mengawali karier militernya dari kesatuan Infanteri Kopassus.

Selama mengabdikan dirinya di militer, sejumlah jabatan strategis pernah diembannya antara lain, Danunit 3/1/1/21/2 Kopassus, Wadanyon 33 Grup 3 Kopassus, Dansepara Pusdikpassus, kemudian Dandenma Kopassus.

Selain itu, dia juga pernah menduduki jabatan sebagai Waaslog Danjen Kopassus selama dua tahun periode 2012-2014 dan Asintel Danjen Kopassus serta Dan Grup 2 Kopassus pada 2015-2016.

Dari Korps Baret Merah Kopassus, Rafael diangkat menjadi Danrindam VII/Wirabuana, kemudian Danrindam XIV/Hasanuddin, Termasuk menjadi Danrem 074/Warastratama. Aspotwil Kaskogabwilhan I dan Dir H Bais TNI sebelum akhirnya diangkat menjadi Danpaspampres.

(cip)

Topik Menarik