Heboh! Jasad Veteran di Kediri Masih Utuh Setelah Dikubur 22 Tahun

Heboh! Jasad Veteran di Kediri Masih Utuh Setelah Dikubur 22 Tahun

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:28
share

KEDIRI, celebrities.id Kejadian aneh terjadi di salah satu makam tua Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Salah satu dari 10 makam tua yang dibongkar dan dipindah karena terkena proyek pelebaran jalan menuju bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur membuat heboh.

Begitu dibongkar, jasad beserta kain kafannya ternyata masih utuh. Jasad itu diketahui bernama Mat Ikhsan yang dimakamkan 22 tahun lalu.

"Sudah dikubur selama 22 tahun, tapi masih utuh, ujar perangkat Desa Jong Biru Abdurrahman kepada wartawan Sabtu (14/1/2023).

Mat Ikhsan semasa hidupnya dikenal sebagai veteran. Sayangnya, tidak banyak data yang mengungkap sosoknya. Begitu juga tidak diketahui pangkat terakhir Mat Ikhsan, termasuk sepak terjangnya semasa berjuang. Yang diketahui sebagian warga, selain berstatus veteran, Mat Ikhsan semasa hidupnya juga dikenal sebagai tukang pijat. Tidak sedikit orang yang kesehatannya pulih kembali setelah tersentuh tangannya.

Sebelum meninggal almarhum juga pernah jadi tukang pijit, kata Abdurrahman.

Pembongkaran 10 makam tua, termasuk makam Mat Ikhsan di komplek pemakaman masjid Wakaf Al Mustofa dimulai Jumat 13 Januari 2023. Hingga Sabtu ini (14/1) masih lima makam yang berhasil dipindahkan, termasuk makam Mat Ikhsan. Sementara sisanya masih dalam proses pembongkaran.

Menurut Camat Gampengrejo Zaenuri, 10 makam yang dipindahkan berada sekitar empat meter dari bahu jalan. 10 makam itu terkena proyek pelebaran jalan bebas hambatan menuju bandara Dhoho Kediri. Lokasi pemindahan masih satu kawasan komplek makam. Selain pelebaran jalan, proyek yang dimulai tahun ini tersebut juga disertai pembangunan jembatan.

Sebuah jembatan di atas sungai Brantas yang 5-6 tahun dalam keadaan rusak, akan dibenahi.

Proses pemindahan makam berlangsung lancar. Pihak keluarga atau ahli waris mendukung. Bahkan saat proses keluarga melakukan tahlil dan istighasah, kata Zaenuri.

Topik Menarik