Loading...
Loading…
Pangdam Siliwangi Tinjau Revitalisasi Situ Tlajung Ilir

Pangdam Siliwangi Tinjau Revitalisasi Situ Tlajung Ilir

Nasional | republika | Senin, 24 Agustus 2020 - 15:18

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, mendatangi tiga lokasi situ di Kabupaten Bogor pada Senin (24/8). Ketiga situ tersebut yakni Situ Tlajung Ilir Wanaherang di Kecamatan Gunungputri, Situ Cibuntu di kompleks LIPI Cibinong, dan Situ Cilala di Desa Jampang, Kecamatan Kemang.

Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, mengatakan, Kodam III/Siliwangi bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sejak 2019 untuk memperbaiki sungai maupun situ yang ada di Kabupaten Bogor. Dia menuturkan, hasil kerja sama itu pada tahun ini, sudah tujuh situ di Kabupaten Bogor yang diperbaiki.

Jadi khusus untuk revitalisasi situ tadi disampaikan wilayah Kabupaten Bogor ada 95 situ. Pada tahun lalu ada lima situ yang diperbaiki dan tahun ini kita kembangkan menjadi tujuh situ, kata Nugroho saat memberikan sambutan di Situ Tlajung Ilir Wanaherang, Senin.

Dia mengingatkan, situ sangat penting bagi masyarakat, sehingga keberadaannya wajib dilestarikan. Nugroho sangat menyayangkan jika ada warga sekitar tidak peduli terhadap kerusakan situ. Pasanya fungsi waduk atau situ adalah cadangan air bagi warga sekitar. "Kita butuh waduk itu untuk pemanfaatan air jika kekeringan atau bisa dijadikan tempat wisata maupun berternak ikan, kata Nugroho.

Wakil Bupati Iwan Setiawan, mengatakan, kehadiran Pangdam Siliwingi merupakan peninjauan revitalisasi Situ Tlajung Ilir Wanaherang. Menurut dia, program revitalisasi situ terbukti efektif mencegah banjir lantaran aliran sungai di Kabupaten Bogor semuanya bermuara ke Laut Jawa.

Hari ini kegiatan peninjauan revitalisasi di Kecamatan Gunung Putri, untuk Kabupaten Bogor kurang lebih ada 95 situ yang tersebar di 40 kecamatan dan ada sembilan daerah aliran sungai (DAS) yang seluruhnya menuju ke ibu kota, ucap Iwan.

Camat Gunung Putri, Didin Wahidin, menyambut baik perbaikan situ di wilayahnya. Dia menyebut, perbaikan situ akan memberi manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Apalagi jika kawasan itu menjadi tujuan pengunjung untuk berwisata, yang bisa menggerakkan ekonomi warga sekitar.

Alhamdulilah dengan ada Pangdam Siliwangi, semoga ini menjadi berkah bagi masyarakat kecamatan Gunung Putri yang punya empat situ. Karena ini potensi yang harus kita jaga dan kembangkan, ucap Didin.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{
{