Kali Pertama, AS Eksekusi Mati Transgender

Kali Pertama, AS Eksekusi Mati Transgender

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 14:29
share

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama mengeksekusi mati seorang transgender. Ini juga merupakan eksekusi mati pertama di AS pada 2023.

Amber McLaughlin (49) dinyatakan meninggal usai dieksekusi di Pusat Diagnostik dan Pemasyarakatan di Kota Bonne Terre, Missouri, Selasa (3/1/2023) sebelum jam 7 malam waktu setempat. Dilansir dari Stasiun berita lokal Fox2now, McLaughlin dieksekusi mati dengan cara disuntik.

Dia dinyatakan bersalah dalam kasus pembunuhan mantan pacarnya, Beverly Guenther, di pinggiran kota St. Louis pada 2003. Saat itu, dia belum pria tulen.

Pada hari pembunuhan, McLaughlin menunggu korban pulang kerja. Korban diperkosa dan ditikam sampai mati dengan pisau dapur. Kejinya lagi, mayatnya dibuang di dekat Sungai Mississippi.

Pada 2006, hakim memutuskan bahwa McLaughlin bersalah atas pembunuhan. Laporan pers mengatakan McLaughlin memulai transisi gendernya dalam beberapa tahun terakhir tetapi tetap berada di bagian terpidana mati pria di Missouri.

Pusat Informasi Hukuman Mati, yang bekerja untuk menghapus hukuman semacam itu di Amerika, mengatakan, tidak ada kasus yang diketahui sebelumnya tentang seorang transgender yang dieksekusi secara terbuka di AS.

Topik Menarik