Viral Rumah Mewah Terbengkalai Ditinggali Ibu Anak di Cakung, Damkar Turun Tangan

Viral Rumah Mewah Terbengkalai Ditinggali Ibu Anak di Cakung, Damkar Turun Tangan

Nasional | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 12:24
share

JAKARTA, iNews.id - Sebuah rumah mewah yang viral lantaran tidak terurus puluhan tahun, kini sedang dibersihkan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur. Petugas dibantu anggota PPSU.

Rumah mewah yang terbengkalai tersebut ditinggali oleh seorang pemuda bernama Tiko (23) dan ibunya, Eny Sukaesih yang diduga mengalami gangguan kejiwaan.

Menurut Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan jajarannya melakukan kerja bakti pembersihan rumah tersebut bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), warga dan sejumlah relawan.

Menurut
Menurut Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman

Kegiatan pembersihan tersebut, sambung Gatot, dilakukan berdasarkan laporan permohonan sejumlah relawan di lingkungan rumah Tiko tersebut.

Kami melakukan pembersihan dengan 12 personil guna melakukan penyemprotan air sehingga bisa membersihkan lantai rumah yang dipenuhi debu sampai hitam, ujar Gatot saat ditemui di lokasi, Cakung, Rabu (4/1/2023).

Gatot menuturkan, pihaknya menargetkan pembersihan tersebut untuk selesai pada Rabu siang ini. Ia menjelaskan, pembersihan diarahkan pada debu-debu yang ada di lantai dan dinding, untuk di langit-langit rumah hanya dilakukan penyemprotan air secara ringan (spray).

Kami menggunakan mobil pompa air sebanyak 4.000 liter. Untuk tanaman liar yang ada, sudah ditangani oleh petugas PPSU, sehingga rumah ini untuk sirkulasi udaranya sudah masuk, ujar Gatot.

width=1920

Gatot mengungkapkan, pihaknya bahkan menemukan sejumlah barang-barang yang tertulis telah ada sejak tahun 2003. Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan temuan kalender dinding yang telah ada sejak 20 tahun lalu.

Berdasarkan kalender yang kita temukan terpampang di lantai atas rumah, itu tahun 2003 masih menempel di tembok. Kemungkinan rumah ini sudah 20 tahunan sudah terbengkalai, kata Gatot.

Sebagai informasi, kisah Tiko, seorang anak sudah 11 tahun merawat ibunya yang mengidap depresi di rumah mewah, kawasan Jakarta Timur, sempat viral di media sosial. Tiko merupakan anak satu-satunya dari ibu tersebut.

Ibunya Tiko diketahui bernama Eny Sukaesih. Kini, usia Tiko sendiri sudah menginjak 23 tahun. Kisah pilu Tiko dimulai sejak ayahnya pergi meninggalkan ibunya. Tiko merasakan ada keanehan terhadap kondisi sang ibu yang mulai kurang sehat dan suka berbicara sendiri.

Sejak 2011-2013 ibu kurang sehat suka ngomong sendiri, suka marah-marah, kata Tiko, Selasa (3/1/2023).

Kendati demikian, Tiko tak surut untuk terus merawat ibunya. Ia sempat bekerja untuk menghidupi keluargnya dengan menjadi pedagang cilor.

Kini, ia dipercaya warga di lingkungan tempat tinggalnya untuk menjadi anggota petugas keamanan. Sementara rumah mewah yang dihuni ibunya tampak tak terurus dan terbengkalai. Bahkan, rumah tersebut sudah tidak ada listrik dan air.

Topik Menarik