Polisi Sita 1 Ton Solar Hasil Curian dari Pipa Pertamina di Medan

Polisi Sita 1 Ton Solar Hasil Curian dari Pipa Pertamina di Medan

Nasional | BuddyKu | Selasa, 3 Januari 2023 - 01:40
share

MEDAN - Polisi menyita sekira 1 ton bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dari lima rumah warga di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Senin (2/1/2023).

Solar yang disita itu diduga merupakan hasil curian dari pipa milik PT Pertamina. Pelaku pencurian mengambil minyak itu dengan cara mengebor pipa yang terpasang tak jauh dari perumahan warga.

"Ya benar, hari ini kami menyita sekira 1 ton solar dari rumah warga di Belawan. Saat kita amankan, solar itu dikemas dalam 17 jerigen dan 3 drum plastik. Solar ini diduga dicuri dari pipa Pertamina," kata Kasatreskrim Polres Pelabuhan Belawan, AKP Rudi Saputra.

Rudi mengatakan, dari penyitaan 1 ton solar itu, mereka tidak menangkap satu pun tersangka. Itu karena pelaku pencurian diduga sudah mengetahui kedatangan Polisi.

"Mereka sempat kabur sebelum kita sampai di lokasi," sambungnya.

Rudi menjelaskan, minyak yang diamankan itu merupakan tumpahan minyak dari pipa yang dibor. Lalu minyak yang tumpah itu diambil menggunakan spoon dan diperas ke dalam drum.

"Mereka mengebor pipa minyak itu sewaktu air surut. Jadi minyak itu kan tumpah ke air, lalu mereka peras pakai spoon ke jerigen," terangnya.

Untuk pelaku pengeboran pipa minyak tersebut, kata Rudi, pihaknya akan melakukan penindakan kepada mereka. Sejauh ini sudah ada dua orang yang diamankan terkait hal itu.

"Sudah dua orang kita tangkap. Ini masih kita kembangkan lagi," pungkasnya.

Topik Menarik