BPIP Lakukan Trauma Healing untuk Korban Gempa Cianjur

BPIP Lakukan Trauma Healing untuk Korban Gempa Cianjur

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:46
share

CIANJUR, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan trauma healing untuk korban gempa bumi di Kampung Keramat, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial, sesuai dengan sila-sila Pancasila baik kemanusiaan, keadilan maupun persatuan, ujar Wakil Kepala BPIP Karjono saat meninjau lokasi bencana, Selasa (27/12/2022).

Dia mengatakan bahwa bantuan untuk korban tidak hanya dalam bentuk sandang, pangan, atau papan, tetapi pemulihan emosi korban dari ketakutan masa lalu.

Kita sesama manusia untuk saling gotong royong, saling meringankan, saling mengharumkan saling memberi agar hidup ini selaras, sejalan, dan seimbang, katanya.

Pihaknya juga menuturkan jika menolong tidak harus berbentuk barang, tetapi juga psikologis dan tidak harus memandang siapa orang yang ditolong.

Hidup ini adalah diharuskan saling tolong menolong, tanpa harus melihat agama, warna kulit, tanpa melihat suku. Justru perbedaan merupakan kekuatan. Kekuatan inilah menjadi soko guru Indoensia, agar manusia Indoensia tercipta satu wadah yaitu NKRI, ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu contoh Pancasila dalam tindakan.

Banyaknya bantuan sosial dari berbagai kalangan secara spontan untuk korban gempa membuktikan bahwa nurani kemanusian memang sudah menjadi nilai yang hidup di kalbu masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, BPIP dan tim memberikan tali kasih dengan berbagai bentuk, seperti senam, lomba masak, bermain, dan belajar dengan balutan nilai-nilai Pancasila. BPIP juga berpartisipasi membangun enam unit hunian sementara (huntara) dengan nama Rumah Pancasila.

Selain huntara, kolaborasi dengan unit kerja di lingkungan BPIP, serta tim memberikan tali kasih yakni 30 set permainan Panca Main, empat buah permainan ular tangga besar, 150 permainan anak, 20 set alat makan lengkap, 20 set alat pertukangan, sembako, dan sejumlah uang donasi dari pegawai BPIP.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi, didamping Wakil Kepala BPIP Karjono, Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Dewan Pakar BPIP, Stafsus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP, DPPI, Paskibraka Tingkat Pusat 2022, IOSKI, KPOTI, Rumah Garuda, dan mitra BPIP lainnya.

Topik Menarik