Isi Liburan Sekolah, Siswa di Lereng Merapi Belajar Menari

Isi Liburan Sekolah, Siswa di Lereng Merapi Belajar Menari

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 08:51
share

BOYOLALI, iNews.id - Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali memanfaatkan libur sekolah dengan belajar menari. Aktivitas dilakukan di sekolah dengan bimbingan guru.

Kegiatan belajar menari dilakukan para siswa SD Negeri Randu, Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Meskipun masih dalam suasana libur, namun aktivitas sekolahan tampak ramai oleh puluhan siswa dan sejumlah guru.

Cuaca yang tak bersahabat akhir-akhir ini membuat para siswa lebih memilih mengisi liburan dengan belajar menari di halaman sekolahan.

Dengan mengenakan baju bebas atau seragam olahraga, para siswa semangat menari dengan diiringi musik dari sound sistem milik sekolah.

Salah satu tarian yang dimainkan adalah tari topeng ireng. Tarian ini merupakan kesenian khas dari lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

Selain tari topeng ireng, para siswa juga berlatih tari gedruk, mendalang wayang kulit dan menyanyi.

Meski kegiatan tersebut keinginan siswa sendiri, namun para guru tetap mendampingi, kata Kepala Sekolah SDN Randu, Siti Sunarsih, Jumat (30/12/2022).

Pihak sekolah sangat mendukung dan mengapresiasi para siswa yang melakukan hal positif untuk mengisi liburan sekolah mereka.

Saya memilih memgisi liburan dengan belajar menari dan kesenian daerah di sekolahan. Selain lebih menyenangkan, berlatih kesenian daerah dapat melestarikan budaya, kata salah satu siswa, Febrina Putri Aisyiyah.

Topik Menarik