Warga Jerman Disuruh Bersiap Hadapi Keadaan Darurat Nuklir

Warga Jerman Disuruh Bersiap Hadapi Keadaan Darurat Nuklir

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 00:16
share

BERLIN Penduduk di Jerman harus membuat persiapan untuk keadaan darurat nuklir. Presiden Kantor Federal untuk Perlindungan Radiasi Jerman Inge Paulini memperingatkan hal itu pada Rabu (28/12/2022).

Dalam wawancara dengan surat kabar grup media Funke, Paulini menunjukkan, "Radiasi tidak berhenti di perbatasan."

Dia mengklaim konflik militer yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev telah "menjelaskan kepada masyarakat umum bahwa kita harus menjadi dan tetap bersiap untuk berbagai macam keadaan darurat nuklir.

Rusia telah berulang kali menegaskan mereka tidak berniat menggunakan senjata atom di Ukraina.

Moskow merujuk pada doktrin nuklirnya yang hanya mengizinkan penggunaan amunisi semacam itu sebagai pembalasan atau jika negara tersebut menghadapi ancaman eksistensial dari perang konvensional.

Paulini juga mengkritik tetangga Jerman yang belum menghapus energi nuklir dari jaringan listrik mereka.

Sebaliknya, banyak negara tetangga kita sedang merencanakan pembangkit listrik baru, papar dia, memperingatkan risiko kecelakaan di fasilitas ini, yang dapat memengaruhi seluruh Eropa.

Jerman dalam beberapa tahun terakhir telah meluncurkan inisiatif untuk berhenti menggunakan energi nuklir, dengan Partai Hijau negara itu menunjuk pada potensi risiko bencana yang terkait dengan produksinya.

Negara ini hanya memiliki tiga pembangkit listrik tenaga nuklir yang tersisa setelah anggota parlemen memilih pada November untuk memperpanjang operasi mereka hingga April 2023 sehubungan dengan krisis energi yang sedang berlangsung di Eropa.

Sementara itu, wakil presiden Bundestag dan anggota FDP Wolfgang Kubicki telah mengecam penolakan pemerintah merevisi keseluruhan pendekatannya terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir dan telah memperingatkan potensi gagal bayar kecuali ada sesuatu yang dilakukan untuk mengatasi krisis energi.

Kita tidak menginginkan pasokan gas dan minyak dari Rusia lagi, pada saat yang sama teman-teman \'hijau\' kita memulai kembali pembangkit listrik tenaga batu bara, sambil mencegah perpanjangan umur pembangkit listrik tenaga nuklir yang wajar, ujar Kubicki sebelumnya ini pekan.

(sya)

Topik Menarik