6 Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam Berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW

6 Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam Berdasarkan Sunnah Rasulullah SAW

Nasional | BuddyKu | Kamis, 29 Desember 2022 - 15:41
share

BATU, iNews.id - Semua umat muslim pasti setuju kalau Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat mulia dengan segala kelebihan dan mukjizatnya. Cara hidup Rasulullah adalah pedoman yang wajib diikuti sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam

Sejauh ini ada 5 cara menjaga kesehatan yang baik menurut Islam dan sesuai dengan kebiasaan dari Rasulullah SAW lho, Kak. Sudah tentu kebiasaan-kebiasaan ini tidak sulit untuk Kakak lakukan mengingat Rasulullah SAW ada sosok yang sangat sederhana dalam kesehariannya.

1. Mengatur Pola Makan

Di dalam kehidupannya, Rasulullah SAW senantiasa mengatur pola makan dengan baik. Beliau senantiasa makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Konsumsi makanan berlebih memang berdampak besar terhadap kesehatan tubuh. Bisa jadi kakak akan merasa mual dan muntah jika makan berlebih.

Rasulullah juga selalu berhenti makan sebelum kenyang ya, Kak. Dari sudut pandang medis sendiri, menjaga konsumsi makanan ini berdampak baik terhadap siklus pencernaan tubuh Kakak. Jangan pula makan hingga kenyang karena Rasulullah SAW sangat menghindarinya.

2. Menghindari Makanan Haram

Cara menjaga kesehatan lain yang biasa Rasulullah lakukan adalah menghindarkan diri dari berbagai jenis makanan haram. Di dalam Islam memang ada berbagai jenis makanan haram yang mutlak Kakak hindari. Hal ini sudah diatur dengan jelas dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 3.

3. Tidak Minum Khamr

Cara menjaga kesehatan lain yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah menghindari Khamr dan berbagai jenis hal memabukkan lainnya. Selain dilarang langsung dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 90-91,konsumsi khamr ini memang berdampak sangat buruk terhadap organ vital Kakak.

Jika dikonsumsi secara terus menerus, barang memabukkan seperti ini bahkan bisa merusak organ itu sendiri dan membuat fungsinya tidak maksimal lagi.


Cara Menjaga Kesehatan Menurut Islam. (okezone.com)

4. Rutin Berpuasa

Cara lain yang bisa Kakak lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik sesuai anjuran Islam adalah rutin melakukan puasa. Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam kehidupannya. Beliau senantiasa rutin melakukan puasa di sepanjang hidupnya.

Hal ini juga senada dengan sabda beliau Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu (HR.Bukhari). Ini merupakan tanda kalau puasa memang memberikan manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh Kakak. Terlebih jika dilakukan dalam jangka panjang.

5. Jangan Tidur Tengkurap

Cara menjaga kesehatan menurut Islam lainnya adalah dengan menjaga posisi tidur. Islam sangat melarang umatnya untuk tidur dalam posisi tengkurap. Mereka yang tidur dalam posisi tengkurap tentu akan tersumbat saluran pernafasannya.

Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, tentu saja hal ini akan sangat berbahaya terhadap kesehatan Kakak. Di dalam Islam, posisi tidur yang disarankan adalah menghadap ke kanan. Posisi ini bisa memperlancar metabolisme tubuh, kinerja jantung, dan hati Kakak.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Tubuh

Cara lain yang bisa Kakak lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Ini juga sangat dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sudah diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya tentang kebersihan itu sendiri

Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. (HR Tirmidzi).

Pastikan untuk selalu melakukan beberapa cara menjaga kesehatan menurut Islam yang sudah kami jelaskan tersebut di atas. Melakukannya akan membuat Kakak mendapatkan hidup yang lebih baik dan pahala ketaatan pada Rasulullah SAW.

Itulah6 cara menjaga kesehatan menurut islam berdasarkan sunnah Rasulullah SAW yang wajib tahu. Semoga berguna dan bermanfaat!

Topik Menarik