HUT Kabupaten Lebak ke-194, Diwarnai Aksi Protes KUMALA hingga Sempat Ricuh

HUT Kabupaten Lebak ke-194, Diwarnai Aksi Protes KUMALA hingga Sempat Ricuh

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 22:17
share

LEBAK , iNewsPandeglang . id - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Lebak (KUMALA) menggelar aksi protes bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebak yang ke-194. Aksi unjuk rasa tersebut digelar di sekitar Kantor Bupati Pemerintahan Kabupaten Lebak hingga DPRD Lebak, Jumat, (02/12/2022) sore.

Sebagaimana disampaikan dalam press release yang diterima redaksi iNewsPandeglang.id bahwa aksi ratusan massa di sekitar Kantor Pemkab Lebak dan DPRD Lebak. Aksi tersebut dipicu karena ketidakpuasan terhadap terhadap kondisi di Kabupaten Lebak yang sudah menginjak ke- 194 tahun, baik pendidikan maupun yang lainnya. Unjuk rasa yang awalnya tertib tiba-tiba ricuh usai peserta aksi diduga ada provokasi.

Ketua Koordinator KUMALA Mambang Hayali mengatakan bahwa aksi protesnya ini dilakukan bahwa kini Kabupaten Lebak berusia 194 tahun bukan usia yang muda untuk berdirinya suatu Kabupaten, harapan tentang kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu yang selalu dimpikan, namun hal tersebut belum juga bangkit dari keterpurukan.


KUMALA gelar aksi pada HUT Kabupaten Lebak ke-194. Foto istimewa

Akan tetapi lanjut dia, realitas yang ada pada saat ini berbeda, beberapa permasalahan yang menyangkut pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi dan birokrasi dan informasi keterbukaan publik pun tidak luput dari penglihatan.

Menurut dia, untuk meningkatkan taraf hidup di suatu daera Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor yang menjadi sangat penting, berkaitan dengan itu maka diharuskan perbaikan kualitas di bidang pendidikan, baik itu pelajar maupun tenaga pendidiknya sekalipun.

Jadi yang terpenting tentang penddikan dimana ini akan menjadi sumber untuk kemajuan bangsa, ini akan menjadi asset utama dalam membangun daerah, ujar Mambang.

Dia menjelaskan, wacana yang selalu digaungkan pemerintah tentang percepatan pemulihan ekonomi sampai saat ini masih tidak dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Lebak, investasi beberapa perusaan swasta maupun milik negeri sekalipun sudah mulai masuk dibeberapa wilayah di Kabupaten Lebak, tapi pada realitasnya di lapangan tidak semua masyarakat merasakan. Terlebih masyarakat yang notabene kurang mampu.

Taraf hidup yang kurang baik dan pengangguran yang masih banyak di kabupaten lebak itu yang menjadi realitas nyata saat ini, saat lebak menginjak usia yang ke-194, tuturnya.

Sementara peserta lainnya Angga Candra Wijaya mengatakan aksi tersebut sempat terjadi ricuh.

Tadi aksi sempat ricuh, jadi gini diduga ada provokasi itu kader kumala ada yang mukul gak tahu siapa, ucapnya saat dihubungi.

Dengan aksi tersebut segenap Keluarga Mahasiswa Lebak (KUMALA) menuntut Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Lebak untuk :

1. Mewujudkan akses pemerataan Pendidikan terlebih pada penyadandang disabilitas sesuai UU Sisdiknas Tahun 2003

2. Mewujudkan Pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Lebak

3. Meningkatakan kesejahteraan guru honorer

4. Tuntaskan penggangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan (UU 1945 Pasal 27 Ayat 2)

5. Tingkatkan produktivitas SDM di Kabupaten Lebak

6. Bangun destinasi wisata yang memiliki daya saing untuk meningkatkan perekonomian daerah

7. Tingkatkan UMK dan UMR di Kabupaten Lebak

8. Pemerintah Daerah agar lebih memberikan keterbukaan publik

Topik Menarik