Tahun Ini, 907 Orang Tewas Disambar Petir di India

Tahun Ini, 907 Orang Tewas Disambar Petir di India

Nasional | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 20:42
share

NEW DELHI, iNews.id Peristiwa cuaca ekstrem di India mengalami lonjakan besar sepanjang tahun ini. Bentuknya cukup beragam, mulai dari gelombang panas hingga sambaran petir.

Kasus kematian yang terkait dengan fenomena alam itu naik ke level tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Para ilmuwan pun menyalahkan perubahan iklim sebagai penyebab banyak korban jiwa karena cuaca ekstrem di India.

Data pemerintah pada Rabu (7/12/2022) menunjukkan, ada total 27 peristiwa gelombang panas yang tercatat di India sepanjang tahun ini. Jumlah itu naik delapan kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, sambaran petir di negeri anak benya meningkat lebih dari 111 kali, sehingga menewaskan 907 orang. Sementara badai petir meningkat lebih dari lima kali lipat menjadi 240 kali pada 2022.

Total ada 2.183 kematian akibat cuaca ekstrem sepanjang tahun ini. Jumlah itu adalah yang tertinggi sejak 2019, di mana tercatat sebanyak 3.017 kematian akibat cuaca ekstrem di India. Data menunjukkan, petir dan banjir dan hujan lebat menyumbang 78 persen dari kematian tahun ini.

Suhu selama musim monsun India juga mengalami peningkatan pada abad ini. Menurut para pakar dan pemerintah, negara Asia Selatan itu dapat mengalami gelombang panas yang lebih sering di masa mendatang.

India adalah pencemar karbon terbesar ketiga di dunia, meskipun emisi per kapitanya jauh lebih rendah daripada banyak negara maju.

Negara berpenduduk hampir 1,4 miliar ini mengalami Maret terpanas dalam lebih dari satu abad dan suhu yang luar biasa tinggi pada April dan Mei.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan. sejak 1998 hingga 2017, lebih dari 166.000 orang meninggal akibat gelombang panas secara global. Antara 2030 dan 2050, perubahan iklim diperkirakan akan menyebabkan bertambahnya sekitar 250.000 kematian tambahan per tahun akibat malanutrisi, malaria, diare, dan tekanan panas.

Tetangga India di sebelah barat, Pakistan, dilanda banjir dahsyat tahun ini. Sepertiga wilayah negara itu pun terendam, dan lebih dari 1.500 orang meninggal dunia. Banjir tahun ini juga berdampak terhadap jutaan orang Pakistan.

Topik Menarik