Apa Saja Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia? Ini Ulasannya

Apa Saja Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia? Ini Ulasannya

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 13:56
share

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Selain itu, biaya pendidikan di negara tersebut juga tidak murah.

Namun imbasnya, SDM yang dicetak pun menjadi berkualitas. Maka dari itu, tak heran jika beberapa negara berikut menjadi tujuan populer untuk menempuh studi oleh pelajar internasional.

Adapun lima negara dengan gaji guru paling tinggi di dunia yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber pada Senin (5/12/2022) adalah sebagai berikut.

Negara dengan gaji guru tertinggi di dunia

1.Luksemburg

Menurut laporan OECD, Luksemburg menjadi negara dengan gaji guru paling tinggi di dunia. Di awal karier, guru di negara tersebut dengan memegang gelar sarjana berhak menerima gaji sekitar lebih dari Rp1 miliar per tahun.

Jika telah berkarier selama 10 tahun dan 15 tahun, guru di Luksemburg akan dibayar masing-masing Rp1,4 miliar dan Rp1,5 miliar per tahun. Kenaikan akan terjadi secara signifikan jika guru di Luksemburg telah mengajar selama 30 tahun, dimana gaji mereka adalah sebesar Rp1,9 miliar per tahun.

2.Swiss

Sama seperti Luksemburg, Swiss juga melihat tingkat pengalaman dan kualifikasi pendidikan dalam menentukan bayaran seorang guru. Di awal karier, guru SMA di Swiss akan menerima gaji sebesar Rp1,1 miliar per tahun termasuk bonus, tunjangan lembur, dan tip.

Lalu jika sudah berpengalaman selama 10-19 tahun, guru di Swiss brhak menerima gaji sebesar Rp1,46 miliar per tahun. Selanjutnya, gaji sebesar Rp1,47 miliar per tahun akan diberikan bagi guru yang telah mengajak selama lebih dari 20 tahun.

3.Jerman

Gaji guru di Jerman ditentukan berdasarkan tingkat pengalamannya. Guru pemula dengan pengalaman mengajar kurang dari dua tahun berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp24,1 juta.

Sementara itu, guru yang sudah sangat pengalaman akan digaji sebesar Rp73,4 juta per bulan. Dengan banyaknya gaji tersebut, tak heran jika Jerman menjadi salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik.

4.Kanada

Sistem pendidikan di Kanada bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain dan tidak memiliki sistem terpusat. Hal itu dilakukan demi mendapatkan pendekatan masyarakat multikultural dan kualitas pendidikan yang baik.

Menurut laporan OECD, Kanada memiliki kualitas sekolah menengah ke-2 terbaik di dunia. Guru di Kanada bahkan dibayar sebesar Rp1 miliar per tahun.

5.Australia

Tak hanya Kanada, guru di Australia juga dibayar sekitar Rp1 miliar per tahun. Di awal karier, para guru bahkan bisa mendapatkan Rp624 juta.

Dengan gaji yang tinggi tersebut, Australia adalah tujuan populer untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi. Sekolah-sekolah di negara tersebut menerapkan pola pikir inovatif untuk siswa-siswinya.

Itulah 5 negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Jika diamati, Indonesia dan negara di Asia lainnya masih belum bisa masuk dalam daftar tersebut.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Indonesia Termasuk?

Topik Menarik