Elektabilitas Anies Baswedan Tetap Sulit Tandingi Prabowo, Sekalipun Dapat Dukungan dari Habib Rizieq Shihab

Elektabilitas Anies Baswedan Tetap Sulit Tandingi Prabowo, Sekalipun Dapat Dukungan dari Habib Rizieq Shihab

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 12:50
share

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai elektabilitas calon presiden usulan Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan akan melonjak naik jika mendapat dukungan dari mantan Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Saya kira jelas itu, semakin banyak dukungan kan semakin banyak elektabilitas, itu kan sudah aksioma yang tak terbantahkan, maka para politisi selalu menggalang atau merangkul, mendekati, kekuatan-kekuatan supaya semakin tinggi elektabilitasnya," kata Emrus kepada Populis.id, Selasa (6/12/2022).

Kendati mendapat dukungan dari HRS, elektabilitas Anies belum tentu bisa mengungguli elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sebab, Prabowo juga punya basis dukungan yang besar baik secara internal partai maupun di masyarakat.

"Karena Pak Prabowo punya kekuatan juga, the real partai mereka secara popular vote, Gerindra kan urutan kedua setelah PDIP, artinya bahwa Prabowo secara riil di lapangan kita melihat dari sudut katakanlah jumlah pemilih partainya," ujarnya.

"Kemudian dengan Jokowi ketika pemilu kemarin hanya berbeda beberapa persen, gak jauh banget," sambungnya.

Akademisi dari Universitas Pelita Harapan itu menjelaskan bahwa Anies dan Prabowo merupakan dua sosok figur yang sulit dibandingkan dalam segi elektabilitas. Sebab keduanya punya sejumlah perbedaan, terutama dalam cakupan kinerja.

"Prabowo juga sudah menangani pekerjaan kementerian yang sifatnya nasional, sementara Anies kan masih bekerja lokal, yaitu DKI, jadi oleh karena itu akan sangat sulit kalau kita compare dua-duanya," kata Emrus.

Disisi lain, ceruk pemilih dari dua tokoh tersebut juga kini ini sudah berbeda. Sehingga, sejumlah dukungan yang akan datang ke Anies belum bisa dipastikan bahwa itu akan membuatnya lebih unggul dari Prabowo.

"Jadi tidak bisa kita pastikan bahwa Anies akan melampaui Prabowo dalam konteks elektabilitas, karena mereka punya ceruk yang berbeda, dukungan yang berbeda," ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam survei elektabilitas tokoh calon presiden dan wakil presiden 2024 yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) pada 9-17 November 2022, menempatkan Prabowo Subianto sebagai pemegang elektabilitas tertinggidengan jumlah 24,2%.

Dari 24 nama yang diberikan, namaPrabowo Subiantomenempati posisi atas dengan elektabilitas 24,2%. Posisi kedua diisi Anies Baswedan 23,8%, ketiga ada Ganjar Pranowo 23,7%, keempat Agus Harimurti Yudhoyono 3,4%, dan kelima Ridwan Kamil 2,5%.

Topik Menarik